Serius Hadapi Pemilu 2024, DPD PAN Kabupaten Kupang Resmi Buka Pendaftaran Calon Legislatif

Kupang-InfoNTT.com,- DPD PAN Kabupaten Kupang melakukan persiapan secara serius menghadapi Pemilu 2024. Keseriusan ini ditandai dengan pembukaan pendaftaran calon legislatif sejak dini.

Launching pendaftaran caleg ini disampaikan langsung Ketua Komite Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD), Dominggus Atimeta didampingi Ketua DPD PAN Kabupaten Kupang Linden Sanam berserta badan pengurus lainnya kepada media ini, Senin 06 Juni 2022 sore, di Sekretariat Rumah PAN Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Dominggus Atimeta mengungkapkan alasan PAN membuka pendaftaran terlalu dini. Ini dikarenakan PAN belajar dari pengalaman sebelumnya karena waktu kurang atau tidak cukup bagi saudara-saudari yang ingin mencalonkan diri dalam momentum pemilihan legislatif khususnya sosialisasi diri.

“Kami PAN buka pendaftaran caleg sejak dini dengan penuh keyakinan dan optimisme. Kami sangat yakin akan lolos verifikasi KPU. Oleh karena itu PAN membuka pendaftaran dini bertujuan agar kader partai, simpatisan dan juga masyarakat luas yang ingin untuk maju sebagai bakal calon legislatif punya ruang dan waktu yang cukup untuk sosialisasikan diri,” ucapnya.

Dominggus Atimeta yang juga Anggota DPRD Kabupaten Kupang ini menjelaskan bahwa PAN punya wadah yang baik bagi para calon legislatif, sebab PAN menerapkan sistem IT lewat aplikasi dan transparansi.

“Jadi PAN Kabupaten Kupang resmi umumkan bahwa pendaftaran bakal calon legislatif PAN dimulai besok 7 Juni 2022 sampai dengan 30 Juni 2022. PAN tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya di mana kami membuka pendaftaran melalui aplikasi yang biasa kami sebut aplikasi Sistem Informasi Managemen Data PAN (SimPAN) berbasis Digital guna merekrut para calon Anggota DPRD secara transparan pada Pemilu 2024,” ungkapnya.

Menurut Dominggus, semua anggota partai dan calon legislatif wajib hukumnya untuk ada di aplikasi tersebut. Sehingga untuk proses verifikasi, baik itu verifikasi administrasi dan juga verifikasi secara faktual sekalipun, PAN yakin akan lolos, karena menggunakan metode yang dikeluarkan oleh KPU satu per seribu dari jumlah penduduk di kabupaten Kupang, maka PAN sudah melampaui untuk 24 Kecamatan, 160 desa serta 17 kelurahan.

“Kepengurusan kami susah terisi dari DPD hingga ke anak ranting. Artinya kami sangat siap dan optimis target PAN akan menang di tahun 2024 dengan perolehan minimal 5 kursi di DPRD Kabupaten Kupang pasti dicapai,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan perihal interaksi sosial dalam tubuh Rumah PAN, bahwa Semua kader PAN tidak mengenal strata sosial, pejabat ataupun senioritas. Semuanya sama, baik itu kesempatan dan kenyamanan. PAN juga membuka pendaftaran secara gratis tidak memungut biaya apapun dan PAN selalu terbuka, tidak ada rahasia sehingga tidak ada kecurigaan secara politik satu sama lain.

“Mari bergabung bersama kami di Rumah PAN Kabupaten Kupang bagi yang ingin berpartisipasi dalam konstelasi pemilihan legislatif 2024. Sekretariat Rumah PAN berada di Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Sesama kader PAN kami pastikan dalam konteks dan situasi apapun kita akan tetap bersama-sama,” tandas Dominggus Atimeta.

  • Bakal Calon Legislatif PAN Akan Disurvei

Ketua DPD PAN Kabupaten Kupang, Linden Sanam memastikan bahwa persiapan PAN Kabupaten Kupang sudah sampai pada tahap persiapan saksi yang sudah hampir 52 persen di 900 TPS. Sekarang PAN masuk lagi dalam tahap perebutan caleg.

“Memang kelihatannya masih jauh, tapi setelah pendaftaran caleg nantinya kita memberikan waktu kepada teman-teman atau basodara yang sudah mendaftar untuk mensosialisasikan diri karena akan diikuti dengan survei untuk melihat sejauh mana popularitas dari bakal calon legislatif,” ungkapnya.

Menurut Linden, hal ini dilakukan karena PAN belajar dari pengalaman sebelum-sebelumnya jika sesuatu yang dikerjakan terburu-buru maka pasti hasilnya juga tidak terlalu bagus. Apalagi pileg, pilpres berdekatan dengan pilkada, sehingga menjadi sebuah keharusan untuk PAN mencalonkan kader yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat.

“Semua yang kami lakukan dan persiapkan ini akan berdampak pada caleg maupun pilpres itu sendiri. Kita ikuti alur politik nasional, maka di daerah juga bergerak untuk bagaimana energi yang ada untuk bergerak dan pastika. memenangkan konsentrasi politik 2024.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.