Sekda Obet Laha Buka Rapat Berkala Pokja PUG Tahun 2022

Kupang-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) mengadakan Rapat Berkala Pokja PUG Tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha, Selasa 20 September 2022 di Hotel Pelangi Kupang.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara ini Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, para pejabat struktural kecamatan se-Kabupaten Kupang, serta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Kupang.

Di awal sambutannya, Obet Laha menyatakan selain sebagai instrumen dalam penguatan PUG dalam rapat ini, juga menjadi bagian dari implementasi strategi dan arah kebijakan daerah dalam meningkatkan seluruh indikasi keberhasilan dalam rencana pembangunan daerah di bidang pemberdayaan perempuan.

Menurutnya, PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dari seluruh kebijakan, program, kegiatan di berbagai bidang kehidupan pembangunan nasional dan daerah.

Lebih lanjut Sekda Obet katakan, pokja ini harus mampu hasilkan rumusan kebijakan yang akomodatif dan partisipatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan gender yang dihadapi oleh daerah, sekaligus mampu untuk mengatasi kesenjangan sekaligus mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di semua sektor pembangunan.

Pada laporan panitia, disampaikan Kepala Bidang dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Kupang, Saleh, bahwa tujuan kegiatan ini adalah menyamakan pemahaman dan persepsi tentang pentingnya penghapusan ketidakadilan dan diskriminasi terhadap perempuan dan anak untuk memperkecil kesenjangan antara perempuan dan anak, meningkatkan pengetahuan peserta tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam pembangunan, mempromosikan dan memfasilitasi PUG kepada masing-masing perangkat daerah serta mendorong terwujudnya perencanaan dan penganggaran yang responsif gender.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan komitmen seluruh anggota pokja PUG sebanyak 88 orang, yang diketuai oleh Sekda Obet Laha.

Laporan: Prokopim Setda Kabupaten Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.