PSP Kabupaten Kupang Berkolaborasi Bersama FSKK IAKN Kupang dan Litmuger Sinode GMIT Pelayanan di Saukibe

Amfoang-InfoNTT.com,- Paduan Suara Pria (PSP) Kabupaten Kupang melakukan pelayanan sekaligus memberikan pelatihan tentang Liturgi dan Musik Gereja di Jemaat GMIT Betel Saukibe, Klasis Amfoang Utara, 10 sampai 11 September 2022.

Kegiatan ini dilakukan sebagai komitmen bersama pasca kembali dari ajang Pesparawi Nasional di Yogyakarta. Kehadiran PSP Kabupaten Kupang di tengah Jemaat GMIT Betel Saukibe, Klasis Amfoang Utara, tidak hanya sekedar melakukan pelayanan dengan nyanyian namun juga dengan memberikan pelatihan yang cukup bermanfaat bagi pelaku pelayanan dan jemaat.

Bacaan Lainnya

Pada pelayanan kali ini, PSP Kabupaten Kupang bekerja sama dengan Litmuger Sinode GMIT dan Fakultas Seni Keagamaan Kristen IAKN Kupang untuk melakukan pelatihan mengenai liturgi dan musik gerejawi.

Secara spesifik, materi pelatihan yang dibawakan dalam pelayanan di gereja GMIT Betel Saukibe Klasis Amfoang Utara adalah tentang fungsi, peranan, tugas dan tanggung jawab petugas dalam ibadah jemaat.

Isi materi dari pelatihan tersebut umumnya membahas mengenai penatalayanan musik dalam ibadah. Namun, secara terperinci materi pelatihan ini membahas mengenai bagaimana menjadi Prokantor/Kantoria/Songlider/Pemandu Nynyian Jemaat dan pelayanan musik dalam suatu peribadahan di Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT).

Kemudian materi selanjutnya mengenai fungsi musik serta klasifikasi pemusik gereja yang di dalamnya dijelaskan mengenai jenis musik. Di dalam materi juga dibahas mengenai berbagai variasi menyanyikan nyanyian jemaat, lalu juga dijelaskan mengenai biduan atau para biduan dan materi yang terakhir adalah materi mengenai musik pengiring.

Materi ini disampaikan oleh Relin Y. Huka, M. Sn (Wakil Dekan Fakultas Seni Keagamaan Kristen IAKN Kupang sekaligus Ketua Bidang Musik Litmuger Sinode GMIT), Pdt. Yakob L. Kapitan,.M.Sn (Sekbid Litmuger Sinode GMIT), dan Patce O. Snae, M.Sn (Dosen pada Fakultas Seni Keagamaan Kristen IAKN Kupang sekaligus Anggota Bidang Vokal Litmuger Sinode GMIT).

Kegiatan ini juga disambut hangat oleh peserta pelatihan dari GMIT Betel Saukibe, Klasis Amfoang Utara. Hal ini terbukti dengan peserta pelatihan yang terdiri dari Majelis Jemaat dan para Pemuda juga orang tua serta anak-anak yang tampak tenang mengamati dengn cermat setiap materi yang disampaikan pemateri.Kegiatan pelatihan dilakukan selama dua hari dalam bentuk materi dan praktek.

Ketua Majelis Jemaat GMIT Betel Saukibe Pdt. Lili Jumetan, menyampaikan terima kasih kepada Paduan Suara Pria Kabupaten Kupang bersama Litmuger Sinode GMIT dan FSKK IAKN Kupang yang sudah mau berbagi dengan Jemaat di pedalaman.

Lebih lanjut menurut Pendeta Lili ada banyak pencerahan yang didapat lewat pelatihan ini bahwa seorang pemimpin nyanyian jemaat harus punya vokal yang baik, harus punya pengetahuan tentang notasi serta mengerti isi dari lagu yang akan dinyanyikan,dan memaknai isi lagu dengan benar, juga menurutnya seorang pemusik harus memahami tanda-tanda lagu dengan benar, dan semua itu dilakukan demi Hormat dan Kemuliaan bagi nama Tuhan. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar