PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ENERGI TERBARUKAN SMK NEGERI 5 KUPANG PUSAT KEUNGGULAN

Ketua Program Keahlian Teknik Energi Terbarukan, Serci Arita Neolaka, S.Pd.Gr, M.Eng, menunjukan salah satu perangkat praktek.

Kupang-InfoNTT.com,- SMK Negeri 5 Kupang memiliki satu jurusan atau kompetensi keahlian, yakni Teknik Energi Surya Hydro dan Angin. Media ini berkesempatan melihat langsung Ruang Praktik Siswa (RSP), Selasa (02/8/2022) pagi.

Ketua Program Keahlian Teknik Energi Terbarukan, Serci Arita Neolaka, S.Pd.Gr, M.Eng, menjelaskan bahwa Program Keahlian Teknik Energi Terbarukan di SMK Negeri 5 Kupang mengembangkan konsentrasi Keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin.

Bacaan Lainnya

Pada Tahun 2020, SMK Negeri 5 kupang terpilih oleh Kemdikbud sebagai salah satu SMK yang akan dikembangkan sebagai SMK Center Of Excellence Sektor kerjasama Luar Negeri (KLN).

SMK Negeri 5 Kupang kemudian memperoleh bantuan 2 Ruang Praktek Siswa, peralatan praktek (Teknik Energi surya, Teknik Energi Hidro, Teknik Energi Angin), Meubeler dan peningkatan soft skil.

Berdasarkan hasil evaluasi dari kemdikbud, maka pada Tahun 2021 SMK Negeri 5 Kupang kembali ditetapkan sebagai Sekolah pelaksana Pusat Keunggulan, dan diberikan bantuan untuk peningkatan soft skill.

Pada Tahun 2022, SMK Negeri 5 Kupang kembali memperoleh bantuan SMK Pelaksana Pusat Keunggulan untuk peningkatan soft skill

Sehingga pada tahun 2022 ini. SMK Negeri 5 Kupang sudah memasuki level 3 SMK Pelakasana Program Pusat Keunggulan, yang diharapkan pada tahun ke 4 (Tahun 2023) ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan.

Kepala SMK Negeri 5 Kupang, Dra. Safirah Cornelia Abineno menambahkan, kerjasama yang sudah dibangun dengan DUDIKA lokal dan DUDIKA Level nasional yakni PKT LEN Industri Persero bandung  (Bergerak di bidang Teknik Energi Surya), PT GLOBAL Powerindo Bandung (bergerak di bidang Teknik Energi Surya) PT. Hexa Hidro Bandung (bergerak di bidang Teknik Energi air), Yayasan Bhakti Mitra Utama Cisarua bandung yang bergerak di bidang Teknik Energi Angin.

Dalam menjalankan program SMK Pusat Keunggulan, SMK Negeri 5 Kupang didampingi oleh Universitas Gadjah Mada yang ditetapkan oleh Kemdikbud.

SMK Negeri 5 kupang juga sudah melaksanakan penandatangan MOU/kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada pada Tahun 2021, sehingga siswa – siswi pada program keahlian Teknik Energi terbarukan dapat belajar di Pusat Energi Universitas Gadjah Mada selama 3 bulan dan akan dilaksanakan pada bulan agustus 2022.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.