Pordasi NTT Dilantik, Jerry Manafe Siap Selenggarakan Gubernur Cup dan Sambut PON 2024

Foto bersama usai pelantikan Pengurus Provinsi Pordasi NTT Periode 2021-2025.

Kota Kupang – InfoNTT.com,- Ketua Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), Triwatty Marciano, resmi melantik Pengurus Provinsi Pordasi NTT, Kamis (10/02/2022) pagi, di Hotel Kristal Kupang.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Anggota DPR RI sekaligus Ketua Penggerak PKK Provinsi NTT Julie Laiskodat, Ketua Umum KONI Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, Wakil Ketua PP Pordasi Edy Sutyanto dan Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin C S.T., M.Tr.Hanla.

Ketua Pordasi NTT Jerry Manafe, SH.,M.Th, dalam sambutannya usai dilantik mengatakan, NTT terkenal dengan kuda sandelwood dan potensi kuda di ajang olahraga daerah sangat bagus. Hal ini menjadi fondasi awal untuk mendorong Pordasi NTT agar berkomitmen mendorong prestasi olahraga berkuda di NTT.

Menurut Jerry Manafe yang juga Wakil Bupati Kupang ini, bahwa peminat pacu kuda di NTT sangat banyak, ini dibuktikan melalui pacuan kuda tradisional yang telah dilakukan di beberapa daerah. Selain itu, peminat juga sangat banyak, seperti antusiasme masyarakat pada Piala Bupati Kupang tahun 2021 yang diikuti 250 lebih peserta.

Menurut Jerry Manafe, ada lapangan pacuan dan dilengkapi badan pengurus yang sudah tersebar di beberapa wilayah, seperti Sumba, Rote dan Timor Tengah Utara.

“Selain persiapan untuk PON 2024 di Aceh-Sumatera Utara, kami juga akan gagas Gubernur Cup tahun ini. Semoga Gubernur Cup ini bisa masuk kelender nasional Pordasi pusat,” ujar Jerry Manafe.

Ketua Umum Pordasi, Triwati Marsiano pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa dirinya sangat menghargai sosok Jerry Manafe, karena selain sebagai politisi dan kini menjabat Wakil Bupati Kupang, namun memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi untuk memajukan olahraga kuda di NTT.

“Pak Jerry yang bawah saya berdiri di sini, dan ini suatu kebanggan dan kini saya merupakan bagian dari olahraga di NTT. Pordasi pusat akan terus mendorong untuk mendapatkan medali emas pada PON 2024 nanti,” ucap Triwati.

Menurutnya, olahraga berkuda sudah lama ada, dan tentu sangat menyatu dengan masyarakat Indonesia pada umumnya, khsusunya di NTT, sehingga harus didorong untuk bisa menghasilkan prestasi olaharaga berkuda di tingkat nasional.

“Ayo Pordasi mulai berbenah dan pengurus harus solid dalam pengembangan olahraga pacu di NTT. Siapkan diri secara matang, PON 2024 harus mampu cetak prestasi bagi NTT. Apalagi di NTT banyak event pacuan kuda, namun lebih banyak pacuan tradisional sehingga melalui Pordasi  NTT yang baru dilantik menjadi ajang pengembangan,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Pordasi pusat juga meminta agar Pordasi NTT memperhatikan syarat pacu yang benar. Harus joki profesional yang bisa dipakai dan dibina agar berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

“Pordasi akan membuat event bergensi dan profesiaonal dan ini akan menjadi daya tarik bagi turis untuk berkunjung ke NTT, seperti dalam sport industri, sport science dan Sport Tourism,” tandasnya.

Ketua Pengurus Pusat Pordasi Triwatty Marciano dan Ketua Pengprov Pordasi NTT Jerry Manafe, SH.,M.Th, ketika memberikan arahan serta diskusi internal bersama badan pengurus usai pelantikan.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soe dalam sambutannya, mengatakan pemerintah daerah akan berkolaborasi bersama hingga koordinasi tingkat pusat untuk mendorong potensi daerah, dan memastikan Pordasi bisa berprestasi nantinya.

Menurut Nae Soi, olahraga bertujuan untuk peningkatan ekonomi Indonesia, sehingga event olahraga wajib terus didorong. Dirinya bermimpi agar kedepan olaharaga akan lebih maju lagi, khususnya olahraga NTT.

“Selamat kepada badan pengurus Pordasi NTT yang hari ini dilantik. Semoga dengan kepemimpinan Jerry Manafe, maka event kuda pacu bisa menjadi sport tourism dan sebagai prime mover pariwisata NTT, demi peningkatan ekonomi di daerah,” ujar Wakil Gubernur NTT.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.