Polres Kupang Amankan Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa dan Pemuda Terkait Dana Seroja

Nampak Anggota Polres Kupang sedang mengawal aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Kupang.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Kepolisian Resor (Polres) Kupang berhasil mengamankan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan di Kantor Bupati Kupang dan DPRD Kabupaten Kupang, Jumat (16/9/2022) siang.

Aksi unjuk rasa ini menuntut Pemkab Kupang transparan terkait penyaluran dana bantuan badai siklon seroja yang terjadi satu tahun lalu.

Bacaan Lainnya

Unjuk rasa ini dilakukan oleh Perhimpunan Mahasiswa Kabupaten Kupang (Permaskku), Komunitas Pemuda Amfoang (KOMPAG), Solidaritas Pemuda Amfoang (SUFa), Gerakan Mahasiswa Amabi Oefeto Timur (GEMA AOT) dan BEM Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Prof. Dr. Yohanes Usfunan, SH.,M). Kelima organisasi mahasiwa dan pemuda ini tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Masyarakat Kabupaten Kupang.

Aksi unjuk rasa yang sempat terjadi gesekan dengan anggota Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Kupang, namun berhasil kembali aman setelah kelompok pendemo diberi ruang beraudiens dengan Bupati Kupang untuk  menuntut Bupati Kupang mencopot jabatan Kepala BPBD Kabupaten Kupang yang dinilai tidak becus menangani bantuan seroja.

Kelompok pendemo yang berjumlah kurang lebih 51 orang ini dipimpin oleh Melianus Alopada selalu Koordinator Umum. Di mana akhirnya para pemuda dan mahasiswa ini diterima langsung oleh Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno di Aula Kantor Bupati Kupang dengan didampingi pejabat terkait untuk menjelaskan secara rinci permasalah yang sebenarnya terjadi terkait bantuan Seroja tahun 2021 lalu.

Bupati Kupang diwakili oleh Kabagops Polres Kupang AKP Yulianus Lau, personil yang tersprin berjumlah 50 anggota. Nampak terlihat begitu siaga mengamankan aksi unjuk rasa dengan di back up personil Polisi Pamong Praja dan personil TNI-AD dari Koramil 1604-02 Camplong.

Seusai menggelar aksi damai di kantor Bupati Kupang, massa pendemo menuju ke kantor DPRD Kabupaten Kupang untuk melakukan aksi yang sama.

Para pemuda dan mahasiswa ini diterima oleh anggota dewan Dessy Ballo, Dominggus Atimeta, Mesak Mbura dan Anton Natun serta Sekretaris Dewan Kabupaten Kupang Kusuma Effendi.

Hingga aksi berakhir situasi terpantau aman terkendali. Turut hadir dalam aksi pengamanan ini Pabung Letkol Parade Napitupulu, Kasat Binmas Polres Kupang Iptu Daeng Jumadi, Kasubagdalops AKP I Putu Samiada, Kapolsek Kupang Timur Iptu Joni Lapuisaly serta Perwira dan bintara yang tersprin.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H, membenarkan adanya aksi unjuk rasa damai tersebut namun pihaknya telah melakukan antisipasi mencegah segala kemungkinan yang terjadi saat pelaksanaan unjuk rasa sehingga tidak terjadi aksi anarkis di lapangan.

“Benar, aksi unjuk rasa damai tersebut terjadi di kantor Bupati Kupang dan Puji Tuhan aksi hari ini berjalan lancar dan aman, terang dan damai. Personil Polres Kupang telah melakukan pengamanan dan hingga saat ini situasi berlangsung damai,” ujar Kapolres.

Sumber: tribatanewskupang.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.