Pimpin Rapat Forum Perangkat Daerah, Jerry Manafe Bahas Kebijakan Bagi Tenaga Kontrak Tahun 2023

Oelamasi-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, SH.,M.Th, membuka Forum Perangkat Daerah atau Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Kupang Tahun 2022, Selasa (05/04/2022) siang di ruang rapat Wakil Bupati Kupang.

Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini diikuti oleh Sekda Kabupaten Kupang Obet Laha, para Asisten Sekda Kabupaten Kupang salah satunya Mesak Elfeto, Ketua DPRD Kabuapaten Kupang Daniel Taimenas beserta wakil-wakil ketua dan para Anggota DPRD Kabupaten Kupang serta para Pimpinan OPD terkait.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Jerry Manafe mengucapkan terima kasih bagi Ketua, para wakil ketua dan semua anggota DPRD Kabupaten Kupang, serta yang tidak berkurang semangatnya mengikuti semua tahapan perencanaan, mulai dari Musrenbangdes, Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan hingga saat ini.

“Tingginya respon dan antusiasme yang ada kiranya menjadi energi positif bagi kami dalam menghasilkan sebuah dokumen perencanaan yang sistematis, akomodatif dan komprehensif,” ujar Jerry Manafe.

Setelah melewati tahapan Musrenbangdes dan Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Tahun 2023 dengan baik, selanjutnya adalah memilih dan memilah usulan prioritas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing agar selaras dengan fungsi RPJMD. Ini merupakan tahap yang sangat krusial, karena itu dalam prosesnya, perangkat daerah harus mempertimbangkan urgensitas, efesiensi, dan efektivitas sesuai kebutuhan semua pemangku kepentingan.

Jika pertimbangan tersebut digunakan oleh semua perangkat daerah, Jerry Manafe yakin rencana kerja perangkat daerah yang dihasilkan melalui forum ini nantinya akan mampu menampung berbagai usulan prioritas yang telah ter-cover dengan baik dalam SIPD.

Wabup Jerry Manafe melanjutkan, secara bersamaan, semua usulan yang ada akan dibahas usulan sesuai hasil analisis menjadi prioritas harus didahulukan kodifikasinya dalam rencana kerja.

“Terus tingkatkan koordinasi lintas perangkat daerah jika terdapat indikator yang mesti diselesaikan lintas perangkat daerah”, ujarnya.

Wakil Bupati menyatakan, tahun 2023 menjadi tahun kebangkitan Kabupaten Kupang setelah dalam 3 tahun terakhir dilanda pandemi Covid-19. Bangkitnya Kabupaten Kupang harus ditandai dengan kebangkitan ekonomi masyarakat yang akan terkonfirmasi dengan menurunnya jumlah penduduk miskin, menurunnya angka stunting, meningkatnya angka per-kapita dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi daerah.

“Optimalkan sasaran pada bidang-bidang esensial yang telah diekstrakasikan dalam program Revolusi 5P. Pastikan kembali Revolusi 5P adalah satu-satunya metode yang mampu mengembalikan momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan di daerah ini,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Manafe juga mengatakan, pada tahun 2023 nanti akan ada berbagai kebijakan Pemerintah Pusat yang mungkin akan merumahkan sekian banyak tenaga kontrak, di mana kebijakan ini sangat bertentangan dengan kebijakan Pemkab Kupang, namun sebagai bagian dari sistem pemerintahan, harus patuh dan menjalankan kebijakan tersebut.

“Mereka yang dirumahkan adalah beban kita bersama yang harus kita perhatikan bersama secara serius. Saya pastikan bahwa dalam RKPD tahun 2023 nanti kebijakan akan diarahkan untuk mereka. Jika kita berpihak pada mereka, maka hadirkan program kegiatan dalam rencana kerja yang memungkinkan mereka bisa berwirausaha. Selain kebijakan itu, kemungkinan fokus pembangunan nasional juga akan diarahkan pada pembangunan ibu kota negara-nusantara,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, program yang ada harus berdampak positif terhadap kemajuan masyarakat. Perbanyak belanja modal dan program-program untuk kesejahteraan masyarakat. Karena kemajuan yang akan dicapai bersama hanya akan terwujud jika pembangunan ini bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kupang.

“Kita perlu mencapai target dari fokus pembangunan Kabupaten Kupang tahun 2023 yaitu pemantapan ekonomi daerah berorientasi kemitraan dan sektor basis serta penerapan standar layanan kesehatan akibat dampak Covid-19.

“Mari secara kolektif kita mencapai outcome forum perangkat daerah yang implementatif dan terus memperjuangkan masyarakat kab. Kupang agar semakin maju, mandiri dan sejahtera”, tutup Jerry Manafe.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.