Pendapatan Pemerintah Kabupaten Kupang Mengalami Defisit Hingga 27 Miliar

Bupati Kupang didampingi Wakil Bupati Kupang dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Kupang Tahun 2022.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Bupati Kupang Korinus Masneno ddidampingi Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Kupang Tahun 2023, Rabu (13/04/2022) di ruang rapat Kantor Bupati Kupang.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas, Forkopimda Kabupaten Kupang, para anggota DPRD Kabupaten Kupang, Para Staf Ahli Bupati Kupang, Para Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, pimpinan OPD lingkup Kabupaten Kupang, para camat dan kepala desa se-Kabupaten Kupang, Lembaga Mitra Pembangunan dan awak media.

Bacaan Lainnya

Bertemakan pemantapan ekonomi daerah melalui Revolusi 5P didukung pemerataan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia, Musrenbang RKPD dibuka langsung Bupati Kupang secara hybrid.

Musrenbang ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan masyarakat, pokok pikiran DPRD dan Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2023, menyusun program, kegiatan dan sub kegiatan prioritas perangkat daerah tahun 2023 dan menyusun usulan prioritas daerah yang diteruskan ke Pemerintah Provinsi NTT dan Pusat.

Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas, dalam sambutannya mengatakan, musyawarah rencana pembangunan rencana kerja pembangunan daerah Tahun 2022 merupakan rangkaian musyawarah yang dilaksanakan dari tingkat dusun, desa, kecamatan dan kabupaten.

“Tentu ini berpedoman pada RPJMD Kabupaten Kupang tahun 2019-2024 yang didalamnya terdapat visi dan misi Pemkab Kupang,” ujarnya.

Menurut Daniel, pokir DPRD merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 tahun 2017, di mana DPRD Kabupaten Kupang memberi pokok pikiran DPRD, yang merupakan usulan dan masukan dari masyarakat yang dirangkum dari kegiatan tatap muka secara langsung bersama masyarakat melalui kunjungan kerja, hearing dialog reses.

Sehingga dirinya mengharapkan pemerintah menyikapi dalam menyusun program dan kegiatan tahun anggaran 2023 karena pokir tersebut bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat Kabupaten Kupang.

“Inti dari pokir DPRD ada empat bidang yaitu pemerintahan, ekonomi dan keuangan, pembangunan infrastruktur serta kesejahteraan rakyat. Pokir yang telah diserahkan ke Pemkab Kupang kiranya ditindaklanjuti menjadi program kegiatan strategis dalam perencanaan pembangunan kedepannya,” jelas Ketua DPRD.

Dirinya berharap pada Musrenbang RKPD ini, pemerintah sudah dapat menyampaikan hasil verifikasi terhadap pokir DRPD Kabupaten Kupang dari 325 usulan yang telah di input ke SIPD oleh masing-masing anggota DPRD.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan DPRD dan seluruh anggota, yang mana sebagai mitra kerja yang tidak berkurang motivasinya mengikuti seluruh tahapan perencanaan Kabupaten Kupang untuk tahun 2023 yang telah dimulai dari Musrenbangdes, Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan, Forum Perangkat Daerah hingga Musrenbangkab ini.

“Semua ini saya yakin nantinya manifestasi berupa dokumen perencanaan yang akomodatif dan komprehensif bisa dihasilkan,” ungkap Bupati.

Korinus Masneno meminta atensi serius dari semua pihak untuk merealisasikan target-target pembangunan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam RPJMD. Gunakan forum Musrenbangkab ini sebagai suatu wadah klarifikasi dan penyelarasan agar terciptanya kesepakatan dalam pencapaian tujuan, strategi, dan arah kebijakan sesuai RPJMD.

“Bahan Musrenbangkab ini berasal dari bahan rancangan awal hasil verifikasi usulan kecamatan dan pokir DPRD melalui forum perangkat daerah dan akan kita sempurnakan bersama- sama melalui pembahasan dan persetujuan menjadi rancangan akhir Renja perangkat daerah,” jelasnya.

Bupati menegaskan, khusus pendapatan, sampai dengan tahun ini mengalami defisit pembiayaan sebesar kurang lebih 27 miliar rupiah. Kondisi ini harus segera dibenahi.

Korinus Masneno meminta semua OPD sumber pendapatan agar terus menggali potensi pendapatannya. Sumber pendapatan inilah yang akan digunakan untuk membawa masyarakat kab. Kupang keluar dari persoalan-persoalan ekonomi saat ini.

“Kerjakan porsi kita sesuai hati nurani dan takut akan Tuhan. Kerjalah dengan tulus untuk rakyat,” tegasnya.

Bupati Kupang juga menyampaikan bahwa tanggal 4 April 2022, saat menghadiri rapat koordinasi awal perencanaan pembangunan Rumah Sakit Kanker Kelas B yang akan dibangun oleh Yayasan Graha Kasih Indonesia bertempat di Desa Oematnunu, Kecamatan Bolok, kiranya bisa memupuk kemitraan- kemitraan serta bersinergi melalui program pemerintah sehingga kabupaten Kupang dapat mengejar ketertinggalan pembangunan akibat Covid-19.

Korinus menghimbau penuntasan isu-isu strategis daerah adalah tujuan kerja dalam pelaksanaan Musrenbangkab ini. Harus dipastikan bahwa program yang nantinya akan dilaksanakan harus mampu memberantas kemiskinan, meningkatkan kualitas SDM, mengoptimalkan potensi dan pemantapan insfrastruktur, mempercepat pertumbuhan ekonomi, menguatkan nilai kearifan lokal serta memperbaiki kerusakan lingkungan yang merupakan tanggungjawab pemerintah kepada masyarakat Kabupaten Kupang.

“TAPD harus pastikan bahwa 60 persen komposisi pembelanjaan adalah untuk belanja modal dan program peningkatan kesejahteraan publik. Ciptakan karya pengabdian untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera,” tutup Korinus Masneno.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.