Pemerintah Kabupaten Kupang Gelar Acara Halal Bihalal Sekaligus Berbagi Sedekah

Acara halal bihalal Pemkab Kupang

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang gelar acara halal bihalal Lingkup Pemkab Kupang, Senin (30/05/2022) di Aula Bupati Kupang.

Acara ini turut dihadiri oleh para Staf Ahli Bupati Kupang, Wakapolres Kupang Tri Joko Biyantoro, S.Sos, Ketua FKUB Pendeta Yunus Kaytulang, S.Th, Ketua MUI Kabuapten Kupang Jamaluddin, SP, para Pimpinan OPD lingkup Kabupaten Kupang dan ASN Kabupaten Kupang yang beragama Muslim serta perwakilan masyarakat penerima sedekah.

Bacaan Lainnya

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan, acara ini merupakan momentum bagi umat Islam dalam meraih kemenangan besar dalam melawan hawa nafsu selama sebulan, dengan harapan agar dapat meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Tuhan serta dapat mempertinggi sikap mental dan pengabdian dalam rangka turut mensukseskan pembangunan nasional khususnya pembangunan di Kabupaten Kupang.

Selain itu, acara halal bihalal lingkup Pemkab Kupang ini juga bertujuan untuk membentuk dan membangkitkan tali silaturahmi serta memelihara solidaritas, persatuan dan kesatuan. Pada kesempatan ini, Pemkab Kupang juga memberi sedekah kepada 12 orang umat Muslim yang ada di 12 kecamatan di Kabupaten Kupang.

“Atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang, saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443 H bagi segenap umat Muslim di Kabupaten Kupang. Kiranya nilai dan semangat kemenangan termanifestasi dalam setiap sanubari yang kembali fitri, mampu memberi energi positif untuk kemajuan daerah kita,” ujarnya.

Bupati Masneno juga mengatakan akan rasa percayanya selalu sama dari tahun ke tahun bagi umat Muslim di Kabupaten Kupang. Ia mengajak masyarakat menjaga spirit kemajemukan dan juga memukul integritas bagi setiap pribadi demi untuk melanggengkan Pancasila sebagai wujud dari dasar berbangsa dan bernegara.

Korinus Masneno melanjutkan, Kabupaten Kupang merupakan daerah terbuka dan bebas melakukan ibadahnya tanpa ada batasan dan tekanan apapun yang juga merupakan daerah dengan nilai toleransinya bisa dijadikan contoh bagi daerah lainnya. Untuk itu, dirinya mengajak semua umat muslim untuk terus menjaga iklim yang kondusif ini.

“Tidak hanya itu, umat non muslim juga dihimbau untuk terus menjaga semangat persaudaraan antar sesama umat beragama,” jelasnya.

Korinus Masneno menerangkan, toleransi harus bisa di implementasikan, bukan hanya diucapkan. Rawat dan kembangkan semangat kedamaian serta keakraban di Kabupaten Kupang. Semua pihak harus berkomitmen untuk memaksimalkan kualitas hidup masing-masing tanpa ada intimidasi dan sikap intoleran.

Bupati Kupang menegaskan agar semua informasi keagamaan yang diterima adalah informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Hindari dari masifnya penyebarluasan hoax. Jika dilakukan dengan seksama, maka dirinya memastikan Indonesia akan terus maju dan berkembang dengan prinsip kebinekaannya dan NTT akan semakin bertumbuh antar umat beragama.

“Jangan jadikan acara ini sebagai simbol rutinitas dan maknai tujuan dibalik ini sebagai tujuan merekat tali persaudaraan demi membangun Kabupaten Kupang yang semakin maju, mandiri dan sejahtera,” tandasnya.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.