Merah Putih Adventure, Cara Kapolres Kupang Dekat dengan Personilnya yang Bertugas di Pedalaman

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H saat menyinggahi salah satu Pos Pol di Amfoang.

Kupang-InfoNTT.com,- Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H, menggunakan kesempatan di hari libur untuk bisa bersilahturahmi dengan personil Polres Kupang yang bertugas di pedalaman Kabupaten Kupang, Sabtu hingga Minggu (20-21/8/2022).

Kegiatan ini dikemas dalam momen MERAH PUTIH ADVENTURE yang diinisiasi sendiri oleh Kapolres Kupang bersama dengan Ketua Kupang Adventure (KAT) dr. Ari Wijana dan Indonesian Offroad Federation (IOF).

Bacaan Lainnya

Mantan Kapolres Sumba Barat ini menjelajahi wilayah Kecamatan Amfoang Barat Daya, Amfoang Selatan dan berakhir di  Kecamatan Takari Kabupaten Kupang.

Sejak start di Halaman Mako Polres Kupang Sabtu (20/8/2022) siang, Kapolres Kupang bersama para Kapolsek jajaran Polres Kupang  dan diikuti berbagai klub dan komunitas Offraoad Kota dan Kabupaten Kupang, tim bergerak menuju arah wilayah Kecamatan  Fatuleu Barat hingga Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Daya.

Saat di Manubelon, terdapat sebuah Pos Polisi yang ditempati Personil Polres Kupang berjumlah 4 (empat) orang. Sambil bersilahturahmi dengan anggota Pos Pol Manubelon, Kapolres Kupang berkesempatan melakukan pengecekan Mako dan kesiapan anggota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah rehat sejenak, Kapolres Kupang bersama tim Merah Putih Adventure melanjutkan perjalanan menuju Desa Nefone’ut yang berada di pedalaman Kecamatan Amfoang Barat Daya guna menyapa masyarakat setempat dan memberikan bantuan berupa sembako serta satu unit Genset untuk penerangan warga setempat yang hingga saat ini masih belum teraliri jaringan listrik PLN.

Dalam perjalanan menuju desa inilah tantangan mulai terasa, pasalnya jalan raya yang dilalui harus mengikuti lekukan sungai Naiten dan lereng terjal dan bukit berbatu.

Mobil Kapolres Kupang pun mengalami kerusakan serius hingga harus dilakukan perbaikan. Namun berkat kerjasama tim dan kesigapan personil Polres Kupang semua kendala ini bisa teratasi dengan baik.

Perjalanan yang menguras tenaga dari Manubelon menuju Lelogama ibu kota Kecamatan Amfoang Selatan diperkirakan mencapai 30 (tiga puluh) kilo meter. Butuh konsentrasi serta skill yang mumpuni untuk bisa menaklukan medan tersebut.

Pukul 22.30 Wita Kapolres Kupang dan tim tiba di Polsek Amfoang Selatan. Sebelum menuju tempat perkemahan di Bukit Samapta, Kapolsek Amfoang Selatan Iptu Made Kumara memperkenankan Kapolres Kupang bersama tim untuk menyantap makan malam bersama.

Saat di Bukut Samapta, Kapolres Kupang bersama seluruh tim Adventure Polres Kupang beristrahat malam. Terpaan angin gunung nan segar serta hawa dingin nan sejuk membawa siapa saja yang ketempat ini kealam mimpi yang indah hingga pagi hari.

Saat Minggu (21/8/2022) pagi, Kapolres Kupang juga berkesempatan bersilahturahmi dengan anggota Polsek Amfoang Selatan serta melakukan pengecakan mako serta kesiapan personil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pukul 8.30 Wita Kapolres Kupang meninggalkan Polsek Amfoang Selatan menuju Polsek Takari untuk melanjutkan silahturahmi yang sama kepada personil Polsek Takari. 

Suasana solidaritas dan keakraban anggota Polsek dan Kapolres Kupang begitu terasa. Kapolres nampak bahagia. Ia rela jauh-jauh mendatangi Personilnya yang bertugas jauh dari keramaian kota.

Cara unik yang dilakukan Kapolres Irwan telah menggaet  simpati para anggotanya untuk lebih dekat dengannya dalam tugas keseharian demi melayani masyarakat.

“Saya lakukan semua ini demi menjalin keakraban dengan mereka. Saya tahu mereka pasti jenuh dan bosan bertugas di Polsek dan Pospol yang jauh dari kota. Hanya dengan cara begini saya bisa dekat dengan mereka. Selain itu saya menikmati topografi Kabupaten Kupang yang begitu menantang, dan memerlukan cara khusus untuk bisa menjangkau semua personil saya yang bertugas di pedalaman,” tambahnya.

Rasa lelah akibat perjalan yang jauh dengan medan yang bisa dikatakan kurang bersahabat dapat terobati dengan panorama alam Kabupaten Kupang yang masih asri.

Sumber: tribatanewskupang.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.