Mengabdi 32 Tahun Sebagai ASN, Sekda Kabupaten Kupang Obet Laha Resmi Purnabakti

Sekda Obet Laha diapit oleh Bupati dan Wakil Bupati Kupang dalam acara perpisahan masa purnabakti sebagai ASNI (28/10).

Oelamasi-InfoNTT.com,- Setelah mengabdi selama 32 tahun 4 bulan sebagai ASN, akhirnya per 1 November 2022, Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Ir. Obet Laha memasuki masa purna bakti.

Sebagai bentuk apresiasi diselenggarakan Rapat Kerja sekaligus rangkaian acara perpisahan yang dihadiri oleh Bupati Kupang Korinus Masneno, Wakil Bupati Jerry Manafe dan para pejabat teras Pemkab Kupang, Kepala Bank NTT Oelamasi Maria J.D. Samalelo, Kepala PT. TASPEN NTT, Direktur Utama PDAM Yoyarib Mau, Jumat (28/10/2022) di Kantor Bupati Kupang di Oelamasi.

Bacaan Lainnya

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya menyatakan apresiasi dan penghargaan tulus atas pengabdian Obet Laha sebagai ASN. Dirinya pun berdoa agar Obet Laha setelah pensiun tetap mendapat kesehatan dan berkat terbaik dari Tuhan.

“Pak Obet memang sudah pensiun secara kedinasan namun silahturahmi bersama harus tetap berjalan. Saya ingin komunikasi tetap terjalin dengan Pak Obet dan tetap membuka ruang dan sumbangsih pikiran untuk membangun Kabupaten Kupang,” ungkap Korinus Masneno yang juga pernah menjadi pimpinan Obet Laha di Vikeke Timor Timur dulu sebagai Kakandep

Dirinya juga berharap Plt. Sekda yang akan ditunjuk dapat menjalankan tugas secara baik, dan membangun komunikasi dengan Obet Laha yang sudah sangat berpengalaman.

Dijelaskan Masneno, Sekretaris Daerah adalah Kepala Kantor Bupati, Kepalanya Aparatur Sipil Negara, sehingga keteladanan dan kerjasama yang baik menjadi yang utama, seperti yang sudah dilakukan Obet Laha dalam jabatannya sebagai Sekda.

Bupati Kupang juga berterima kasih atas pengabdian dan loyalitas yang dibangun Obet Laha selama ini, jika ada salah yang terucap, Bupati dalam kesempatan tersebut sampaikan permohonan maaf.

Senada juga disampaikan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, bahwa seorang Obet Laha adalah birokrat yang hebat. Selain menjadi Sekda, juga pernah menjabat Plt. Bupati, sebelum pelantikan Kepala Daerah pada tahun 2019.

“Pak Obet pernah Plt. Bupati, pernah Sekda. Sangat berpengalaman. Saya dan Bupati saja tidak pernah jadi Sekda. Tapi Sekda Obet pernah jadi Plt. Bupati,” puji Wabup Jerry Manafe.

Dirinya memberi dorongan ada harapan selepas pensiun, masih sehat dan punya potensi yang besar, bisa maju pileg 2024. “Pak Obet pernah menjadi seorang PNS dan kelak bisa menjadi seorang anggota DPRD itu luar biasa,” ujar Jerry Manafe.

Sementara dalam kata hati, Obet Laha menceritakan awal kariernya mulai dari ASN, mendapatkan banyak jabatan baik fungsional maupun struktural, hingga pernah menjadi Plt. Bupati sewaktu transisi menuju Pelantikan Bupati dan Wabup tahun 2019 lalu.

“Berkat Tuhan begitu dasyat dalam perjalanan karier saya hingga batas usia pensiun. Perpisahan harus terjadi. Ada waktu bertemu dan berpisah. Tapi secara fisik saya tetap ada, dan kita pasti akan bertemu di waktu dan tempat yang berbeda,” ungkap Obet.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas kinerja, ketulusan, kerjasama yang baik antar kita semua baik Pimpinan OPD maupun staf.

“Saya ucapkan terima kasih tak terhingga, karena melalui bapa Bupati dan Wakil Bupati saya bisa menjadi Sekda. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Teman-teman OPD orang hebat semua, terus bangun Kabupaten Kupang, saling bekerjasama, kerja dengan hati sambil bergandengan tangan, percayalah pasti semua bisa dicapai untuk masyarakat,” urainya sambil mengusap airmata.

Ungkapan hati turut disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Yohanis Masneno yang mewakili ASN. Ia sampaikan pesan dan kesan untuk Obet Laha.

Menurut Anis, berat sesungguhnya mengucapkan kata perpisahan, apalagi diakuinya. Dirinya salah satu orang yang tidak kuat apalagi bicara soal perpisahan, karena pasti sedih. Namun demi sosok Obet Laha yang begitu baik, tak pernah marah dan penyabar, ia pun menyanggupinya.

Bagi mantan Kadis PMD ini, mengakhiri tugas secara kedinasan bukan berarti tugas pelayanan kepada masyarakat terhenti. Tugas di masyarakat dan keluarga tidak akan pernah berakhir. Pesannya, tetap jaga silahturahmi, tetap jadikan kami sebagai teman dan sahabat.

Acara perpisahan ini ditandai dengan penyerahan SK Pensiun dan pemberian cendera mata dari Pemda, Cenderamata dari Pimpinan Bank NTT Cabang Oelamasi dan penyerahan dana pensiun oleh Pimpinan PT. Taspen NTT.

Laporan: Prokopim Setda Kabupaten Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.