Luar Biasa, Putra Asli Timor Timur Antoninho Rangel da Silva Resmi Berpangkat Jenderal

Foto: Istimewa

Jakarta-InfoNTT.com,- Sosok anggota TNI kelahiran Timor Leste kini resmi diangkat menjadi salah satu dari 24 perwira tinggi TNI AD.

Brigjen Antoninho Rangel da Silva resmi menjadi Brigadir Jenderal setelah mendapat kenaikan pangkat langsung yang diberikan oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman pada Senin (30/5/2022) lalu. 

Dilansir dari berbagai sumber, media ini mengumpulkan sejumlah fakta penting terkait sosok Antoninho Rangel da Silva. Ia adalah alumnus Akademi Militer atau Akmil Magelang angkatan 1992.

Dalam studinya tersebut, Antoninho berasal dari kecabangan infanteri. Setelah itu, ia mendapatkan sejumlah jabatan penting dalam struktur TNI AD sekaligus Mabes TNI. Bahkan terakhir berhasil dipercaya untuk menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad.

Setelah diberi amanah menjabat Batalyon Infanteri (Yonif) 408/Subrastha dan Yonif 410/Alugoro, pria kelahiran Timor Leste ini pun sempat menjadi Perwira Pembantu Madya Pam Sinteldam VI/Mulawarman, Kasi Intel Korem 101/Antasari, hingga Asops Satintel Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI. Tak hanya itu, ia juga sempat menjadi Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Ekonomi. 

Selain sejumlah jabatan di atas, Antoninho ternyata juga sempat memiliki deretan jabatan bergengsi lainnya. Beberapa di antaranya adalah dosen sesko TNI, Log Ditum Sesko TNI, hingga Pamen Denma Mabesad.

Pria kelahiran 17 Agustus 1968 ini juga menjadi salah satu orang yang terlibat dalam Pembentukan Satuan Raider. Satuan tersebut merupakan sebuah pasukan elite yang dimiliki oleh TNI.  

Perwira tinggi Bintang 1 ini juga berhasil meraih deretan penghargaan. Salah satunya adalah ketika ia membuat video interaktif tentang penerapan HAM dan Hukum Humaniter Internasional bagi prajurit TNI AD ketika perang maupun damai yang bekerja sama dengan Lembaga International Committee of The Red Cross (ICRC).

Ia juga sempat mendesain Taktik Bertempur (Tikpur) Brigade dalam Operasi Lawan Insurjensi untuk TNI AD. 

Antoninho Rangel Da Silva kini resmi berpangkat Brigadir Jenderal atau pangkat bintang 1 TNI. Peresmian jabatan ini pun dilakukan dalam acaran laporan korps kenaikan pangkat 24 orang perwira tinggi (PAT) TNI AD pada Senin (30/5) lalu.

Dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, acara ini digelar di Aula GPH Jatikusumo, Mabesad, Jakarta Pusat. Terkait promosi pangkat yang didapatkannya, Brigjen Anton mengucapkan terima kasih dan merasa terhormat atas Bintang 1 yang berada di pundaknya. (*Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.