Kolaborasi bersama Stakeholder, Bawaslu Kabupaten Kupang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Pembukaan kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan kepada stakeholder.

Kupang-InfoNTT.com,- Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kupang gelar sosialisasi pengawasan tahapan pemilu kepada stakeholder, Kamis (10/11/2022) pagi di Hotel Neo Kota Kupang.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo, SH. Menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi ini yakni Jemris Fointuna, pegiat pemilu dan juga mantan Anggota Bawaslu Provinsi NTT dan Maria Yunita Sarina selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) Bawaslu Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo dalam sambutan mengatakan, kegiatan sosialisasi bertujuan baik untuk menghasilkan hasil pemilu yang baik. Bawaslu Kabupaten Kupang juga sudah melaksankan berbagai tahapan, salah satunya merekrut Panwas kecamatan.

“Kami memandang kegiatan ini penting, dengan tujuan membantu kami dalam mengawal proses pemilu yang akan berjalan. Mari kita memasyarakatkan Bawaslu di tengah tengah masyarakat. Panwas pun harus bertindak humanis tetapi tegas dan profesional,” ujarnya.

Marthoni menyampaikan perlunya dukungan dan partisipasi pemerintah beserta semua stakeholder dalam mengawasi pemilu, Bawaslu berharap semuanya bisa bersama-sama mencegah terjadinya kecurangan pemilu dan pelanggaran pemilu lainnya.

Dirinya mengajak kepada seluruh stakeholder untuk sama-sama ikut berpatisipasi mengawal pesta demokrasi pemilu tahun 2024 ini, karena tanpa dukungan pemerintah dan semua pihak termasuk masyarakat penyelenggaraan pemilu tidak akan berjalan dengan baik.

“Kami berharap melalui kegiatan sosialisasi ini seluruh stakeholder bisa terjalin sinergitas yang baik, untuk kesuksesan penyelenggaraan pemilu pada tahun 2024 yang akan datang,” tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan materi pertama dibawakan oleh Jemris Fointuna, pegiat pemilu dan juga mantan Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Materi pertama yakni partisipasi masyarakat dalam pemilu berdaulat.

Selanjutnya materi kedua yakni peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024 dengan pemateri Maria Yunita Sarina selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) Bawaslu Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai stakeholder yakni kepala dinas, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM, kepala desa, organisasi kepemudaan, mahasiswa, TNI, Polri dan awak media.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.