Ketentuan Penting PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022 Sesuai Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022

InfoNTT.com,- Ada beberapa ketentuan penting terkait seleksi PPPK Guru tahap 3 tahun 2022 berdasarkan Kemenpan RB Nomor 20 Tahun 2022.

Seleksi PPPK Guru tahun 2022 atau seleksi tahap 3 sepertinya akan segera dibuka dalam waktu dekat ini. Pemerintah melalui Menpan RB Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan regulasi terkait teknis seleksi PPPK Guru tahun 2022.

Aturan itu terbit dalam bentuk Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022.

Sekilas tidak ada yang berbeda antara aturan tersebut dengan ketentuan yang telah berlaku pada seleksi PPPK Guru tahun 2021.

Namun, ada sejumlah ketentuan penting sekaligus kabar baik bagi peserta seleksi PPPK Guru tahun 2021 yang telah lulus nilai ambang batas atau passing grade.

Disebutkan bahwa peserta seleksi 2021 yang lulus passing grade kini masuk kategori prioritas.

Ada tiga golongan pelamar yang nantinya masuk kategori pelamar prioritas yaitu prioritas I sampai prioritas III seperti tercantum pada Pasal 5 sebagai berikut.

(1) Pelamar prioritas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf a terdiri atas:

a. Pelamar prioritas I

b. Pelamar prioritas II, dan

c. Pelamar prioritas III

(2) Pelamar prioritas I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a terdiri atas:

a. THK-II yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021;

b. Guru non-ASN yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021;

c. Lulusan PPG yang memenuhi Nilai Ambang Batas

pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021; dan

d. Guru Swasta yang memenuhi Nilai Ambang Batas

pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021;

(3) Pelamar prioritas II sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b merupakan THK-II.

(4) Pelamar prioritas III sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c merupakan Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling rendah 3 (tiga) tahun.

Sementara pelamar umum pada seleksi PPPK Guru tahun 2022 ini tidak berbeda dengan seleksi sebelumnya yakni diperuntukan bagi Lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan pelamar yang sudah terdaftar di Dapodik.

Seperti diketahui bahwa sebelumnya sempat beredar rumor bahwa peserta seleksi tahun 2021 yang telah lulus passing grade disebut tidak lagi perlu mengikuti tes pada tahap 3 atau tahun 2022.

Namun demikian, lebih lanjut terkait kepastian mengenai peserta seleksi tahun 2021 yang telah lulus passing grade sepertinya akan diatur oleh Kemendikbud Ristek. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.