Hadiri Launching Pos Yandu Remaja, Jerry Manafe Apresiasi Gagasan Karang Taruna Sehati Oebelo

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat berpose dengan Kepala Desa Oebelo dan pengurus Karang Taruna Sehati Oebelo.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Karang Taruna Sehati Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang-NTT, melakukan launching Pos Yandu Remaja, Rabu (13/04/2022) siang di Pos Yandu Permata Dusun II.

Dalam acara peresmian ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Sekitar 223 orang remaja dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Yappy Jhon Messakh, Ketua Karang Taruna Sehati Oebelo mengatakan, pos Yandu remaja merupakan program yang telah direncanakan sejak terbentuk kepengurusan dua tahun lalu.

“sebelum ini kami koordinasi dengan berbagai pihak termasuk Puskesmas Tarus,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran Karang Taruna juga untuk membantu mengatasi kesenjangan di masyarakat. Salah satunya terkait persoalan kesehatan para remaja. Pasca adanya Pos Yandu bayi dan balita, para remaja tidak lagi terpantau tumbuh kembangnya terutama soal kesehatan.

“Para remaja harus mempersiapkan diri untuk menjelang kehidupan selanjutnya dan persoalan kesehatan menjadi indikator keberhasilan remaja di masa depan. Program Pos Yandu remaja sebagai wujud nyata mempersiapkan generasi muda yang sehat,” ujar Yappy.

Kepala Desa Oebelo, Marthen Halla dalam sambutanya menyebutkan bahwa tumbuh kembang remaja mestinya menjadi perhatian bersama semua unsur termasuk pemerintah desa.

“Kita bekerja tapi kalau tidak sehat maka semua akan sia – sia,” ujar Kepala Desa Oebelo.

Bagi Kades Oebelo, Pos Yandu remaja menjadi ajang berkumpul dan berinteraksi bagi sesama remaja dan dengan berkumpul dan berinteraksi akan muncul banyak ide konstruktif.

Sedangkan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dalam sambutannya memberi apresiasi bagi pengurus Karang Taruna Sehati Oebelo. Pos Yandu remaja di desa Oebelo harus menjadi model bagi masyarakat serta karang taruna di seluruh wilayah Kabupaten Kupang.

Pasca Pos Yandu bayi dan balita, para remaja cenderung dibiarkan sendiri tidak terpantau tumbuh kembang serta kesehatannya. Kesehatan para remaja cenderung diabaikan bahkan hingga berumah tangga. Padahal sejatinya kesehatan sejak bayi, balita, remaja hingga dewasa dan menikah menjadi mata rantai yang tak terpisahkan.

“Karang taruna sehati Oebelo buat kegiatan ini sangat tepat dan saya memberi apresiasi,” imbuhnya.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe menegaskan, pada pelaksanaan Pos Yandu remaja pada bulan selanjutnya perlu dipikirkan untuk menghadirkan konselor untuk menggali lebih jauh tentang persoalan yang dihadapi oleh para remaja.

“Perlu juga dihadirkan pemateri yang membawakan materi terkait tindak pidana kekerasan seksual yang angkanya sangat tinggi di Kabupaten Kupang. Materi seperti itu perlu diberikan kepada para remaja agar sejak dini mampu menghindari berbagai persoalan dalam pergaulannya,” kata Wakil Bupati.

Jerry Manafe juga minta peran aktif tenaga kesehatan Puskesmas Tarus agar serius dan perlu memberikan dukungan terhadap perkembangan Pos Yandu remaja yang di gagas oleh Karang Taruna Sehati Oebelo. (Jessy/KI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.