Gubernur Segera Lantik Warandoy Jadi Sekda NTT, Sumba Satu Detak Jantung Pembangunan

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Domu Warandoy dan Wakil Gubernur NTT Josef Nai Soi.

Kupang-InfoNTT.com,- Domu Warandoy segera dilantik menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT yang mana dijadwalkan Rabu 13 Juli 2022 di Aula Utama El Tari Kupang. Domu menggantikan Ir. Ben Polo Maing yang pensiun pada 1 Juni 2022 lalu.

Pelaksanaan pelantikan rencananya akan berlangsung mulai pukul 15.00 Wita, dilanjutkan dengan resepsi yang akan digelar di Rumah Jabatan Sekda Provinsi NTT, di jalan Kartini Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang pada pukul 19.00 Wita.

Bacaan Lainnya

Diketahui bersama bahwa saat ini jabatan Sekretaris Daerah NTT diemban pelaksana tugas, Johanna Lisapaly. Kepastian penetapan Warandoy sebagai Sekda NTT ditandai dengan keluarnya Surat keputusan Presiden melalui menteri dalam Negeri Nomor:800/102/BKD. 3. 2.

“Sekda Sumba Timur Domu Warandoy akan segera dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Timur. Direncanakan Domu Warandoy akan dilantik pada Rabu 13 Juli 2022 di Aula Utama El Tari Kupang,” ujar Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd, Anggota DPRD Provinsi NTT dapil Sumba yang dikonfirmasi media ini, Selasa (12/07/22) pagi.

Refafi mengatakan, gaya kepemimpinan Viktor Laiskodat telah memperlihatkan keseimbangan politik dalam pemerintahannya, dan memiliki  komitmen kuat, ketegasan dalam berprinsip, dibalut dengan gaya dinamis yang elegan.

Politisi Hanura ini memastikan bahawa Viktor Laiskodat bisa memperlihatkan kepada masyarakat bahwa Ia adalah Gubernur yang berada pada keseimbangan semua suku, agama dan ras.

”Gubernur Viktor telah mempelihatkan gaya kepemimpinanya yang selalu melihat perimbangan wilayah besar di NTT. Lihat sangat seimbang, yang mana Gubernur Viktor Laiskodat mewakiki daratan Timor, Wagub Yoseph Nai Soi mewakili daratan Flores dan Sekda Domu Warandoy mewakili daratan Sumba,” ungkap Refafi.

Menurutnya, apa yang ditampilkan saat ini membuat Viktor Laiskodat tetap berbeda dengan pemimpin-pemimpin lain di negeri ini, bahkan menjadi inspirator bagi pemimpin lain di NTT.

Refafi menyebut Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT adalah dua orang tokoh yang cukup hebat, karena dalam kepemimpinan selalu menjaga keseimbangan semua suku, agama dan ras. Tak pernah memandang musuh sebagai lawan, semua dirangkul untuk menyatukan kekuatan membangun NTT.

“Gubernur Viktor Laiskodat adalah figur pemimpin yang memiliki komitmen besar membangun NTT. Berkaitan dengan penentuan Sekda yang sebelumnya diusulkan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri, yaitu Henderina S. Laiskodat, Domu Warandoy dan Cosmas Damianus Lana. Mereka semua adalah putra dan putri terbaik daerah kita,” jelasnya.

Refafi mengatakan, dengan adanya ruang mewakili daratan Sumba maka lengkaplah sudah perwakilan 3 pulau besar di NTT. Gubernur akan melantik Domu Warandoy sebagai Sekda NTT. Pelantikan ini, tentu Gubernur NTT telah menjawab kerinduan masyarakat Sumba pada umumnya.

“Selanjutnya, apakah kita juga sebagai orang Sumba memiliki komitmen besar seperti bapak Viktor Laiskodat? Tentu masyarakat Sumba sangat berterima kasih kepada Gubernur NTT karena memiliki komitmen besar menempatkan orang Sumba di Eselon Satu, agar tetap bergandengan tangan dalam semangat kebersamaan membangun NTT dalam satu detak jantung mereka,” ujarnya.

Refafi Gah juga menyadari bahwa semua telah bekerja keras mengantarkan Viktor Laiskodat dan Yoseph Nai Soi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT beberapa tahun lalu, dan hal ini tidak terlepas dari peran besar masyarakat Sumba juga yang sampai sekarang bangga atas perjuangan itu namun juga memimpikan adanya  orang Sumba yang menjadi Sekda Provinsi dan sudah terjawab.

Menurut Refafi, dengan di tetepkannya Domu Warandoy Sebagai Sekda Provinsi NTT menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumba Timur dan Sumba pada umumnya. Masyarakat sangat berterima kasih pada Gubernur Viktor Laiskodat karena menjunjung tinggi rasa kebersamaan membangun NTT dalam satu denyut jantung.

“Orang Sumba selama ini memimpikan Domu Warandoy jadi Sekda yang adalah putra Sumba. Kini terjawab sudah karena nama Domu Warandoy akan dilantik oleh Gubernur Viktor Laiskodat menjadi Sekda definitif pada hari Rabu 13 Juli 2022 jam 15.00 wita. Kita harapkan Gubernur Viktor dan Wakil Gubernur Yoseph Naisoi tetap berjuang bersama dalam menata keseimbangan politik di NTT,” tandasnya.***

Editor: Chris Bani

Pos terkait