Gadis Manis Asal Amarasi Juara Catur Kategori Junior Turnamen Jeriko Cup 2022

Kupang-InfoNTT.com,- Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, S.E., M.M, gelar Turnamen Catur Jeriko Cup Tahun 2022 yang diikuti oleh 121 peserta di Aula Garuda Kantor Wali Kota Kupang.

Turnamen ini diadakan guna memberikan support kepada para pecatur NTT khususnya Kota Kupang untuk membangkitkan hobi dan mencari atlet yang akan dipersiapkan pada PON 2028.

Turnamen catur ini dibuka untuk dua kategori, yakni dewasa atau senior dan junior. Dalam turnamen ini peserta berasal dari berbagai daerah bahkan terdapat peserta dari luar provinsi NTT.

Salah satu peserta yang ikut memeriahkan turnamen ini adalah Tasya M. R. Guterres yang main di kategori junior. Yang mana Tasya keluar sebagai juara satu dalam turnamen ini usai bersaing dengan 16 peserta lainnya.

Gadis manis asal Amarasi yang lahir pada 28 Mei 2009, kepada media ini, Senin 18/04/2022) sore usai menerima piala mengakui, mulai menyukai dunia catur dari laptop. Di mana pada laptop ada aplikasi game “Ches Titan”.

Putri dari pasangan Bento Guterres dan Adolfina Amtiran ini memiliki alasan yang kuat untuk belajar menjadi pemain catur yang handal. “Saya punya satu cita-cita, yakni ingin membanggakan kedua orang tua saya,” ujar anak ketiga dari empat bersaudara ini.

Bento Guterres juga menceritakan awal mula anaknya menyukai dunia catur. Di mana Ia selalu mengamati Tasya ketika bermain catur di laptop.

“Saya mengamati dia (Tasya) mempunyai bakat bermain catur. Saya lalu bawa Tasya ke pecatur senior yang sering mangkal di GOR, untuk meminta bantuan mengajarkan teori catur. Akhirnya nampak bahwa perkembangan Tasya lumayan cepat,” ungkap Bento Guterres, ayah Tasya.

Bento lalu mendaftarkan Tasya mengikuti lomba catur O2SN. Tasya kemudian mengikuti seleksi O2SN dan lolos sampai tingkat provinsi.

Siswi Kelas 3 SMP Negeri 03 Kota Kupang ini bukan baru pertama kali terjun dalam pertandingan catur. Selain menjuarai O2SN catur tingkat kecamatan dan kota. Tasya juga pernah juara  V tingkat nasional kategori putri umur 8 tahun, juara lll kejuaraan nasional catur di Cipayung-Bogor (tahun 2017, juara ll kejuaraan nasional catur di Aceh kategori E umur 10 tahun, juara 1 piala Gubernur NTT kategori junior (tahun 2021) dan pada tahun 2022 ini berhasil menjuarai Jeriko Cup kategori junior.

Turnamen Catur Jeriko Cup ini digerakkan oleh Ikatan Persaudaraan Flobamora (IPF), Forum Pemuda Fatululi (IPF) Kota Kupang dan Komunitas Peduli Asah Rasa Kemanusiaan (KOPI ARAK). Yang disponsori oleh bank NTT, PT. Bumi Indah, Suryanation, Subasuka Paradise.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.