Cita Rasa Memancing Selera, Resep Masak Jagung Bose

Jagung bose Kupang

Kupang-InfoNTT.com,- Anda sedang mencari ide resep jagung bose kupang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal jagung bose kupang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jagung bose kupang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan jagung bose kupang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nama makanan khas Kupang selanjutnya adalah Jagung bose, salah satu masakan tradisional yang sering dijadikan sebagai kuliner pengganti nasi. Kuliner tersebut terbuat dari jagung putih yang dilunakkan lalu dicampur dengan kacang merah dan santan sehingga tak heran rasanya pun begitu gurih. Dimasak sampai santannya berkurang tambahin garam.maka tadaaa.jadi dech masakan jagung bose khas Kupang NTT.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan jagung bose kupang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jagung Bose Kupang memakai 6 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Jagung Bose Kupang:
  1. Siapkan 300 gr jagung bose direndam semalam
  2. Siapkan 100 gr kacang tanah
  3. Sediakan 100 gr kacang nasi
  4. Ambil 500 ml santan
  5. Ambil secukupnya Garam
  6. Gunakan 1000 ml air..dibagi 2 ya bun

Dengan rasanya yang khas, jagung bose benar-benar hanya akan ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Meski khas Kupang, jagung bose sendiri belum banyak dijual di Kota Kupang. Salah satu makanan khas org NTT is jagung bose. Dan kali ini sy campur dgn labu kuning yg mmg lg musim.

Cara membuat Jagung Bose Kupang:
  1. Jagung bose kacang tanah dan kacang nasi dicuci bersih sama seperti mencuci beras lalu dimasak memakai air 500ml
  2. Dimasak sampai airnya berkurang ya bun
  3. Setelah airnya berkurang…masukin lagi air 500ml….masak lagi sampai airnya bekurang
  4. Setelah airnya berkurang untuk yang kedua kalinya langsung di icip ya bun…kalau sudah lembek lunak tidak keras lagi pada saat dikunyah 😀 masukkan santan 500ml dan masak lagi sampai mendidih(tapi kalau jagung bosenya masih agak keras diulang lagi langkah sebelumnya ya bun)
  5. Dimasak sampai santannya berkurang tambahin garam…maka tadaaa….jadi dech masakan jagung bose khas Kupang NTT

Kacang nasi pakai yang warna putih. Biasanya jagung bose ini diolah berupa bubur jagung unik yang juga merupakan hidangan tradisional dari Nusa Tenggara Timur. Dalam hidangan ini juga, terkandung campuran kacang merah dan kacang tanah di dalamnya. Kesan gurih yang ada pada bubur ini, dikarenakan hidangan ini mengandung juga santan kelapa.

Jagung bose merupakan salah satu masakan khas NTT khususnya daerah daratan Timor yang didalamnya banyak mengandung karbohidrat dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat jagung bose kupang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

(*mamakoki.vercel.APP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.