Bupati Kupang Serahkan Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan kepada Kelompok di Manikin

Kupang-InfoNTT.com,- Bupati Kupang Korinus Masneno menyerahkan bantuan sarana prasarana perikanan sumber APBD Tahun 2022 kepada 222 kelompok yang tersebar di kecamatan-kecamatan wilayah Kabupaten Kupang. Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati ini, diterima oleh 14 kelompok berdasarkan jenis bantuan yang diterima, Rabu (02/11/2022) di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Dalam sambutannya, Bupati Kupang menjelaskan bahwa sejak dirinya menjabat mulai dari Asisten Sekda, Wabup Kupang hingga kini Bupati, ia ikuti secara baik banyaknya bantuan-bantuan dalam bidang perikanan yang diberikan pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemda untuk nelayan Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Bupati sangat bersyukur karena banyak hal yang sudah dibuat Pemerintah bersama DPRD dan rakyat Kabupaten Kupang dengan segala keterbatasan mampu berbagi untuk kepentingan pembangunan daerah.

“Pembangunan di bidang perikanan, merupakan satu tagline yang dimiliki oleh Pemerintah sejak saya dan wabup Jerry pimpin daerah ini. Bangun ekonomi harus dimulai dari apa yang dimiliki, potensi yang ada dan apa yang dikerjakan,” ungkapnya.

Bupati berpesan kepada penerima bantuan, untuk manfaatkan dan merawat secara baik dan benar bantuan yang diterima. Dalam kesempatan itu juga disinggung soal masalah stunting, terutama kepada nelayan, ia harapkan agar hasil tangkap ikan selain untuk dijual, sisihkan juga untuk dikonsumsi keluarga, terlebih jika istri sedang hamil, menyusui ataupun punya anak balita, asupan makanan bergizi bagi anak berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Masneno berharap kedepan perikanan di Kabupaten Kupang lebih maju, untuk itu diperlukan kerja kolaborasi antar pemerintah, DPRD dan masyarakat.

Sementara Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak De Haan juga terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini kepada kelompok-kelompok nelayan diharapkan lebih proaktif lagi, tekun kerjanya, maksimalkan bantuan yang ada.

“Jangan begitu terima bantuan, disimpan saja tidak dimanfaatkan bersama. Kelompok kalau mau maju dan berkembang harus ada niat, kemauan dan kerja keras. Misalkan temui tantangan di laut jangan cepat berputus asa. Semua ada solusi jika ada niat. Jadilah subjek, aktor dan pelaku dari usaha-usaha yang ada untuk berkembang maju menuju sejahtera,” pesannya.

Ia berikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Perikanan yang sudah alokasikan anggaran yang cukup besar bagi peningkatan kesejahteraan kelompok-kelompok nelayan. Perhatian Bupati dan Wabup Kupang dalam mendorong percepatan di lima bidang dapat tempat yang baik di hati masyarakat.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kupang, Jakson Baook, disampaikan bahwa sesuai dengan DPA Tahun Anggaran 2022 Dinas Perikanan mengelola dana sebesar Rp.7.821.400.997 yang digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana perikanan diantaranya pengadaan kapal dibawah 5 GT 5 paket, sarana prasarana keselamatan pelayaran 400 unit, sarana penangkapan ikan 40 paket, alat tangkap ramah lingkungan 467 unit, mesin kapal dibawah 5 GT 21 paket, ketinting 12 unit, rumah pemancingan ikan 1 paket, pengadaan bibit lele lahan kering, sarana lele lahan kering, pengadaan bibit rumput laut, sarana budidaya rumput laut, pembangunan UPR, Sarana budidaya ikan air tawar, sarana pakan mandiri, rehabilitasi unit pengolah ikan 2 unit, dan pembangunan rumah pengering ikan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Kupang Yakobus Klau, Yogerens Leka, Yohanis Munah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kupang, Camat Kupang Tengah, Kapolsek Kupang Tengah dan undangan lainnya.

Laporan: Prokopim Setda Kab. Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.