Awas HOAX!! Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Kupang Inbox Minta Uang untuk Jadi PNS

Inilah akun facebook yang diduga melakukan penipuan dengan melakukan Inbox kepada warga dan meminta sejumlah uang.

Kupang-InfoNTT.com,- Tampilan Akun Facebook yang menggunakan nama dan foto Bupati Kupang Korinus Masneno, pada Rabu (24/8/2022) malam, diduga meminta uang ke warga via masseger.

Informasi yang diterima media ini dari Sekretaris Desa Saukibe, Joni Kuanine bahwa dirinya mendapat pesan dari masseger, yang mana Ia dan istrinya ditawari untuk lolos PNS dengan cara menyetor biaya administrasi sebesar 3 juta rupiah.

Bacaan Lainnya

Menaruh curiga dan diduga akun facebook tersebut palsu, Joni lalu memberikan alasan bahwa tidak punya uang karena istrinya hanya honorer di Puskesmas.

“Untuk biaya administrasi penerbitan SK, NIP dan golongannya maka setor uang ke rekening BKN pusat. Bukti setor simpan untuk bukti pngambilan SK PNS,” tulis akun tersebut untuk berusaha mengelabuhi Joni Kuanine.

Akun tersebut juga mengirim nomor rekeningnya yakni 0820223026 bank BNI atas nama Reska. Selanjutnya juga dikirim nomor WhatsApp 082179604427.

“WA pribadi bapa jangan diberikan ke yang lain tanpa seizin bapa. Upayakan setor (uang) sebelum pukul 21.00 Biasakan disiplin waktu. Selamat dan sukses semoga menjadi PNS yang berprestasi. Jaga kepercayaan bapak dengan baik. Awal bulan depan SK PNS terbit,” tulis akun tersebut sebagai upaya meyakini Sekdes Saukibe.

Joni kepada media ini berharap agar masyarakat jangan mudah percaya terkait berbagai hal yang mengatasnamakan Bupati atau Wakil Bupati Kupang. Hal ini harus disebar agar jangan sampai ada masyarakat yang menjadi korban.

“Dia inbox beta (saya) barusan jam 7 malam. Tadi profilnya masih bisa buka untuk lihat orang ada kasih ucapan tapi sekarang tidak bisa lagi,” ujar Joni.

Penulis: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.