ADVETORIAL : Program Revolusi 5P Metode Kebangkitan Ekonomi Rakyat Kabupaten Kupang

Pemkab Kupang

Oelamasi-InfoNTT.com,- Melalui Program Revolusi 5P, yakni Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perkebunan dan Pariwisata jadi sektor andalan Pemerintah Kabupaten Kupang karena sektor-sektor ini menjadi penunjang pendapatan anggaran daerah

Khusus untuk sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten Kupang melalui kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe, berupaya mendorong optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian yang belum diolah. Hal ini sebagai strategi meningkatkan produksi hasil pertanian di sana.

Bacaan Lainnya

Wilayah Kabupaten Kupang sangat potensial dengan usaha pertanian. Namun, masih banyak lahan produktif yang belum diolah. Dinas Pertanian dengan strateginya telah menyiapkan sejumlah wilayah potensial prioritas dan potensial untuk pengembangan usaha komoditas unggulan sesuai potensi wilayah.

Pembangunan sektor pertanian dilakukan sesuai potensi wilayah sehingga pengembangan pertanian lebih terfokus pada sebuah kawasan yang tetap. Lahan-lahan yang ada pada kawasan potensial akan dioptimalkan dengan mengembangkan komoditas unggulan yang dapat mendongkrak pendapatan petani setempat.

Hal ini sudah digagas sejak awal kepemimpinan paket Komitmen. Beberapa daerah potensial disiapkan untuk pengembangan usaha tanaman pangan pertanian seperti di Kecamatan Amarasi, Kupang Tengah, Kupang Timur, Sulamu dan Fatuleu Barat.

Selain itu, wilayah Amfoang Tengah memiliki potensi untuk pengembangan usaha tanaman jeruk. Nantinya, mendukung pembangunan observatorium Timau sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pariwisata.

Sementara itu, wilayah Kecamatan Amarasi dan Amabi Oefeto Timur secara keseluruhan mempunyai potensi untuk pengembangan tanaman kelapa. Pemda melihat peluang pembangunan sektor pertanian menjadi berkembang bila pengembangan tanaman yang terfokus sesuai dengan karakteristik wilayahnya.

Program Revolusi 5P ini sebagai wujud impian masyarakat, agar lahan-lahan potensial pada kawasan-kawasan ini akan dioptimalkan dan bisa mendongkrak pendapatan ekonomi petani. Sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Kupang sungguh menawan, dan ini menjadi peluang bergerak naiknya ekonomi daerah.

Sektor pertanian di Kabupaten Kupang, fokus pada kelompok tani khususnya pengembangan holtikultura yang ada di desa-desa dan pengembangan sektor pertanian itu untuk menekan laju angka stunting di desa.

Bidang pertanian yang paling menonjol adalah padi dan jagung karena 85 persen lebih warga desa adalah petani yang tidak hanya menjadikan sektor pertanian untuk pemenuhan makan dan minum tetapi juga sebagai bidang usaha.

Pemkab Kupang juga berharap agar hasil di desa yang berpotensi dan harus dirancang untuk dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sehingga semuanya kembali pada masyarakat desa.

Gerakan Revolusi 5 P merupakan upaya nyata Pemerintah Kabupaten Kupang, untuk membangun dan menyesejahterakan masyarakatnya. Dasar berpikirnya adalah membangun dari apa yang dimiliki masyarakat dan apa yang bisa dilakukan masyarakat.

Semuanya  itu berlandaskan pada potensi yang ada di masyarakat untuk dikerjakan dan dikembangkan, sehingga memberikan dampak bagi kesejahteraan hidup masyarakat Kabupaten Kupang.

Korinus Masneno sejak awal pergerakan program Revolusi 5 P, selalu menggaungkan agar masyarakat bersama OPD terkait harus bekerja secara revolusioner dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata yang  dikerjakan dengan cara-cara yang luar biasa dalam waktu yang singkat.

Korinus Masneno juga berharap, konsep pelaksanaan Revolusi 5 P sebagai program unggulan, yang orientasinya adalah bekerja untuk kepentingan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, menciptakan kemajuan daerah dan menghindari disparitas antar wilayah.

Fokusnya pada peningkatan produksi dan produktivitas petani, peternak, nelayan serta pengembangan pariwisata sebagai partisipasi aktif sektor lainnya, dan membangun kemitraan dengan swasta.

Targetnya jelas, jika dikerjakan secara benar, maka akan menghasilkan model integrasi pelaksanaan Revolusi 5 P pada kecamatan sebagai pusat wilayah pengembangan, dan sasaran rumah tangga sebagai pelaksana inti  Revolusi 5 P.

Bupati Kupang juga mengajak semua pihak, untuk sama-sama mendukung program Revolusi 5 P demi mewujudkan masyarakat maju, mandiri dan sejahtera.

Selama kepemimpinan kedua figur ini, Pemkab Kupang terus genjot program revolusi 5 P. Program ini berlandaskan membangun dari apa yang ada di masyarakat. Tim teknis terpadu Pemkab Kupang terus memberikan pembelajaran dan pembinaan, dorongan, mendukung produksi serta menyiapkan pasar.

Alasan lain dijadikan sektor Pariwisata sebagai lokomotif pembangunan di Kabupaten, yakni keempat program revolusi lainnya yakni bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan hasilnya akan bermuara pada sektor pariwisata.

Lewat gerakan revolusi 5 P ini masyarakat Kabupaten Kupang diharuskan bekerja keras bahkan secara revolusioner untuk lima bidang ini. Jika dikerjakan dengan cara-cara revolusioner yang luar biasa dan dalam waktu yang singkat maka harus disinergikan dengan sektor lainnya dengan kerangka pendanaan dalam proses outcome, dan output yang sesuai target gerakan revolusi 5P.

Karena itu kepada stafnya dari Pejabat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa, Korinus Masneno berharap agar pelaksanaan revolusi 5P sebagai program unggulan ini, orientasinya adalah bekerja keras dan menghasilkan output yang memadai sesuai target.

Bupati dan Wakil Bupati berharap penuh kepada semua pejabat dan staf dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa untuk bekerja keras sesuai tupoksi masing –masing. Karena ketiak hasilnya sudah nampak, maka pastinya menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Kupang.

Pemkab Kupang mengajak semua pihak antaranya para tokoh agama, LSM, tokoh pemuda untuk mendukung program revolusi 5 P demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Kupang, maju, mandiri dan sejahtera.

Tahun 2023 menjadi tahun kebangkitan bagi Kabupaten Kupang, NTT setelah dalam 3 tahun terakhir dilanda pandemi Covid-19. Kebangkitan Kabupaten Kupang harus diwujudkan dengan kebangkitan ekonomi yang ditandai dengan menurunnya jumlah penduduk miskin dan kasus stunting.

Guna mewujudkan kebangkitan Kabupaten Kupang, Pemda Kabupaten Kupang mendorong agar mengoptimalkan bidang-bidang esensial dalam program Revolusi 5P yakni pertanian, peternakan, perikanan, perkebunanan dan pariwisata.

Pastikan kembali bahwa Revolusi 5P adalah satu-satunya metode yang mampu mengembalikan momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan di daerah ini. Salam sehat, salam mandiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.