ADVETORIAL : Pantai Teres Wujud Mutiara Indah di Kabupaten Kupang, Wisata Eksotis Polesan Komitmen

Pesisir pantai Teres

Amarasi-InfoNTT.com,- Pantai Teres adalah salah satu Pantai yang terkenal di Pulau Timor, tempat ini letaknya di selatan Pulau Timor tepatnya terletak di Desa Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang.

Pantai yang berjarak 55 kilometer dari Kota Kupang ini dapat ditempuh menggunakan mobil ataupun sepeda motor, akses menuju lokasi yang sudah diperbarui membuat para pengujung mudah menjangkaunya. Di sepanjang perjalanan menuju tempat ini anda akan disuguhi keindahan alam pegununggan yang membentang hingga ke bagian Amarasi Barat, tentunya pemandangan seperti ini yang akan memanjakan mata para pengunjung.

Bacaan Lainnya

Pantai Teres memiliki panorama yang indah dengan pasir dan bebatuan putih, serta air yang jernih dengan ombak yang tenang ditambah lagi memiliki beberapa teluk yang eksotis di pinggiran Pantai. Nilai tambah ini memberi warna tersendiri untuk Pantai Teres.

Pantai Teres juga memiliki beberapa fasilitas pendukung yang telah dibangun oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang, yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Mulai dari lopo, pergola, gazebo serta area jogging track dan masih banyak fasilitas lainnya sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan pantai yang sangat memanjakan mata para pengunjung.

Berada tak jauh dari lokasi Pantai Teres kita juga dapat menikmati hamparan alam yang sangat indah dari Gunung Fatubraun, karena itu Obyek Wisata Pantai Teres cocok dijadikan sebagai arena berkemah dan Hiking.

Masih banyak keindahan obyek wisata yang berada di kabupaten Kupang, diantaranya ada Padang Savana Humon dan juga Gunung Fatubraun, namun kali ini kita fokus ke Pantai Teres.

  • Anggaran Puluhan Miliar Wujud Nyata Pemda Kabupaten Kupang Membuat Sexy Pantai Teres

Kepemimpinan Korinus Masneno dan Jerry Manafe harus diapresiasi dan wajib mendapat dukungan masyarakat Kabupaten Kupang. Selain berbagai program yang difokuskan kedua pemimpin ini, Teres pun menjadi perhatian penuh Paket Komitmen.

Mega proyek pengembangan destinasi wisata pantai Teres memperkirakan progres pekerjaan akan selesai tahun 2022. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Bupati Kupang Korinus Masneno beberapa waktu lalu bahwa Pantai Teres akan segera diresmikan akhir tahun ini.

Destinasi wisata pantai Teres yang dikerjakan menggunakan dana APBD tahun anggaran 2020 dengan total dana mencapai 49 miliar dan digadang-gadang menjadi miniatur program revolusi 5P. Kita tentu berharap program ini berjalan baik dan ada asas mamfaat bagi masyarakat dan penikmat wisata dari penjuru nusantara dan dunia.

Lantas apa primadona Pantai Teres, sehingga menjadi pusat pembangunan wisata kala kepemimpin Korinus Masneno dan Jerry Manafe?

Pemda Kabupaten Kupang tentu ingin menunjukan keindahan Pantai Teres yang ada di Amarasi kepada masyarakat luar. Pantai ini diharapkanmenjadi wisata kelas dunia.

Pantai Teres memiliki panorama indah dengan pasir dan ombak yang tenang. Pantainya memiliki beberapa teluk yang eksotis. Di pinggiran pantai, para pengunjung akan melihat pepohonan dan batu karang yang berbatasan dengan Amarasi Timur. Pantai Teres adalah objek wisata kelas dunia yang memberi warna tersendiri bagi Pariwisata NTT.

Pantai Teres ada banyak sekali yang bisa dinikmati, mulai dari pantainya yang indah dan bersih, pantai dengan bukit terjal dan hutan pegunungan dan sangat cocok juga untuk area berkemah dan hiking.

Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan menuju tempat ini kita disuguhi keindahan alam pegunungan yang membentang hingga ke bagian Amarasi Selatan dan Amarasi Barat. Selain memiliki pasir dan bebatuan putih, di pantai ini juga terdapat berbagai bentuk batu karang yang memiliki tekstur unik, di antaranya, ada batu yang mirip meja dengan ukuran sekitar 2 x 4 meter, yang biasa disebut Faut Muti.

Berada di Pantai Teres, pengunjung tak hanya dapat menikmati keindahan pantai. Tetapi juga akan dimanjakan dengan pesona Gunung Batu Baraon. Para pengunjung diharapkan tidak melewatkan panorama alam Amarasi. Pantai Teres tidak jauh dari lokasi gunung Batu Baraon, hanya tiga kilometer dari atas puncak gunung.

Berada di Pantai Teres, kita akan melihat bukit terjal hingga hutan pegunungan. Untuk mencapai pantai ini tidak sulit. Sepanjang perjalanan, kira akan disuguhkan dengan keindahan alam pegunungan yang membentang. Bebatuannya juga unik dan cocok untuk dijadikan objek swafoto. Bagaimana, apakah Anda penasaran dengan objek wisata kelas dunia ini? Kita lanjut…

Pantai Teres berjarak kurang lebih 60 kilo meter dari Kota Kupang, ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua selama kurang lebih satu setengah jam dengan jalan mulus melintasi Jalan Timor Raya hingga Pasar Oesao belok kanan menuju Oekabiti, Kotabes, Sonraen, Buraen, hingga tiba di Pantai Teres.

Saat memasuki Kotabes, kita juga akan memasuki kawasan hutan lindung yang sejuk hingga tiba di Sonraen. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini, pengunjung akan disuguhi keindahan alam pegununggan yang membentang hingga kebagian Amarasi Barat, dan tentunya pemandangan seperti ini akan memanjakan mata.

Pantai Teres memiliki panorama yang indah dengan pasir dan bebatuan putih, serta air yang jernih dengan ombak yang tenang ditambah lagi memiliki beberapa teluk yang eksotis di pinggiran pantai yang membedakannya dengan pantai lain.

Pantai Teres juga memiliki beberapa fasilitas pendukung yang telah dibangun Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang dalam rangka mendukung Revoulsi 5 P yang menjadi  program unggulan Bupati Kupang, Korinus  Masneno dan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

Untuk mendukung Revolusi 5 P di bidang pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang telah membuat elok lokasi wisata dengan berbagai gebrakan, seperti membangun lopo, pergola, gazebo, area jogging track dan masih banyak fasilitas lainnya yang membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan pantai yang sangat mengagumkan itu.

Pantai Teres memang luar biasa indahnya. Karena keindahannya itulah, maka pantai ini bisa dijuluki sebagai “Surga” di Serambi Selatan Kabupaten Kupang. Biasanya, bila  kita menyebut nama pantai, maka akan terbayang pasir putih yang terbentang di sepanjang pantai, lalu anda bisa berbaring,  berjemur diri dan mandi di laut sambil menikmati atraksi pelaut dengan perahu-perahunya.

Pemkab Kupang ingin menawarkan keindahan Pantai Teres dengan batu-batu cantik, mungil dan beraneka warna. Menikmati eksotis Pantai Teres, paling sempurna bila dipandang dari ketinggian Gunung Fatubraun, yang bisa melihat keindahan keseluruhan pantai yang bentuknya mirip anjungan kapal yang sedang berlabuh menuju Pantai Teres.

Gunung Fatubraun yang sudah dijelaskan di atas, jaraknya kurang lebih 2 kilo meter dari Pantai Teres. Penulis berpikir, sengaja lokais ini diletakan Tuhan, agar siapa saja bisa menikmati keindahan Pantai Teres dari ketinggian.

Jalan menuju puncak Gunung Fatubraun juga telah dibuatkan tangga agar pengunjung dengan mudah bisa naik ke atasnya. Sementara, di atas puncaknya telah dibangun  lopo-lopo bagi para pengunjung untuk bisa berjedah dan melepas lelah sambil menikmati  keindahan Pantai Teres.

Di lopo Gunung Fatubraun inilah, para pengunjung bisa menikmati pesona Pantai Teres sambil ngopi atau minuman lainnya. Akses ke Pantai Teres selain melalui perjalanan darat bisa juga melalui laut dari Kota Kupang menuju Bolok melewati Pantai Selatan hingga tembus Pantai Teres dengan memakan waktu kurang lebih 3 jam.

Kelelahan akan terbayar dengan suguhan keindahan Pantai Teres yang sangat mempesona. Itu semua merupakan salah satu terobosan Pemerintah Kabupaten Kupang untuk mendukung Revolusi 5 P di bidang pariwisata yang merupakan program unggulan Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe selama kepemimpinan berjalan 3 tahun ini.

Untuk menambah daya pikat pengunjung, Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang juga  sedang merencanakan untuk membangun vila, air bersih, toilet dan penerangan listrik bagi rumah –rumah penduduk yang bermukim di sekitar Pantai Teres, sekaligus untuk menggerak roda perekonomian masyarakat setempat.

Masih banyak lagi destinasi wisata menarik lainnya di Kabupaten Kupang antara lain, Pantai Alamanda di Desa Sumlili, Kecamatan Kupang Barat, wisata kolam pancing ikan Nunneo di Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Pantai Panmuti, dan Pantai Sulamanda di Kecamatan Kupang Tengah.

Kiranya goresan penah ini menjadi perangsang anda untuk berkunjung dan berwisata di Kabupaten Kupang. Cahaya surya hangatlah sudah, hangatnya penuhi udara. Indonesia sangatlah indah, Pantai Teres mengambang bagai mutiara. Sekian

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.