Acara Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 Tingkat Kabupaten Kupang

Kupang-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten Kupang selenggarakan acara Hari Kesatuan Gerak Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-50 Tahun, Selasa (12/04/2022) pagi, di Aula Rumah Jabatan Bupati Kupang di Kota Kupang.

Kegiatan yang mengangkat tema “Lima Puluh Tahun Gerakan PKK Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama”. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha.

Ketua panitia HKG PKK Tingkat Kabupaten Kupang, Rutcek Laha-Dethan dalam laporan menyampaikan makna dari tema tersebut, ialah PKK hadir untuk berbagi untuk bangsa dan Negara Republik Indonesia, dengan cara mendukung program dan kebijakan pemerintah, serta ikut berbagi dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidup keluarga-keluarga di seluruh pelosok Nusantara untuk mencapai Indonesia maju.

Sementara maksud dan tujuan acara ini, menurutnya, agar TP-PKK Kabupaten Kupang tetap semangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai motor penggerak dalam mensukseskan program PKK tingkat kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan, diantaranya penghayatan pancasila, gotong royong, pemenuhan sandang, pangan, papan, peningkatan pendidikan dan kesehatan, tata cara berkoperasi dan pemeliharaan lingkungan.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha, pada kesempatan tersebut menyampaikan, di usia emas yang ke-50 tahun ini, kiranya TP PKK Kabupaten Kupang semakin menunjukkan eksistensi dalam mengembangkan konsep pemberdayaan demi kesejahteraan keluarga.

Lanjutnya. PKK sebagai salah satu Organisasi Kemasyarakatan sesuai Permendagri Nomor 18 Tahun 2018, berada pada garda terdepan dalam memberikan diseminasi informasi kegiatan pembangunan dan program, serta kebijakan Pemerintah Daerah. PKK juga terlibat aktif dalam mengatasi berbagai dinamika dan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan karya bhakti yang telah diberikan oleh masing-masing anggota TP-PKK dan seluruh badan pengurus yang ada. Walaupun tanpa dibayar, setia merelakan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan pelayanan, menjadi fasilitator, perencana dan pelaksana dalam berbagai program-program PKK,” ujarnya.

Menurut Sekda, ulang tahun emas ini harus dijadikan momentum untuk bertransformasi menjadi sebuah organisasi kemasyarakatan yang adaptif, dinamis dan inovatif.

Acara ini dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Kupang, Damaris Masneno-Mooy bersama jajaran, Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Kupang, dan Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.