Wakil Bupati Kupang Hadiri Launching Kampung Tangguh Kukak di Desa Pariti

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe ketika memberikan sambutan.

Sulamu-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe hadiri launching Kampung Tangguh Kukak di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Jumat (29/1/2021). Kegiatan ini merupakan pilot project kolaboratif antara Polri bersama TNI dengan para stakeholder untuk melakukan aksi nyata di desa atau kelurahan dalam situasi pandemi Covid-19.

Kampung tangguh ini juga sebagai representasi Pemkab Kupang, di mana Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe menjabat sebaga wakil ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Jerry mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Polri dan TNI terutama Kepolisian Resort Kupang dan Kodim 1604/Kupang atas segala bentuk kontribusi dan kepeduliannya terhadap penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kupang.

“Semua yang terjadi saat ini merupakan bukti nyata bahwa sinergitas antar semua pihak dan unsur penyelenggara pemerintahan yang wajib dipertahankan, dikembangkan, yang kemudian bisa ditingkatkan pada masa yang akan datang,” ungkap Jerry Manafe.

Wabup menambahkan, penyebaran Covid -19 di Kabupaten Kupang saat ini sudah sampai pada fase yang mencemaskan. Semua aspek kehidupan mulai dari kondisi ekonomi, sosial, budaya bahkan aspek keagamaan mengalami guncangan perubahan yang nyata. Masyarakat tidak bisa main-main tentang Covid-19. Oleh karena itu semua harus bergandengan tangan untuk bahu-membahu memutus mata rantai virus Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan serta arahan pemerintah.

Menurut Jerry, hal inilah yang menjadi dasar dibentuknya kampung Tangguh Nusantara yang implementasinya difokuskan pada peran aktif elemen masyarakat, untuk secara mandiri dapat tangguh di bidang kesehatan, sosial ekonomi, keamanan serta informasi dan kreatifitas.

Sedangkan Kapolres Kupang Aldinan Manurung dalam sambutannya menjelaskan, bahwa program ini bukan program Kapolres Kupang semata melainkan program bersama yang merupakan program Pemerintah untuk menjadikan semua pihak kuat dan tangguh dalam permasalahan konflik sosial, Covid-19, kelaparan dan budaya.

Manurung mengajak seluruh masyarakat untuk sukseskan program ini secara bersama dan menjadi tolak ukur, agar kedepan pemerintah pusat akan memberi penghargaan bagi kita semua. Ini bukan hanya formalitas tapi untuk kepentingan semua pihak khususnya masyarakat.

“Yakin kalau kita sehat dan kuat, virus tidak akan bisa masuk dalam tubuh kita. Saya percaya program ini menjadi acuan bagi kita, dan jangan ragu menjalankan hal yang dilakukan dengan jujur dan benar pasti akan berjalan dengan lancar,” tegas Kapolres.

Di saat yang sama, Kapolsek Sulamu juga ikut menjelaskan bahwa kampung Tukak ini dipilih menjadi kampung tangguh bagi masyarakat Sulamu karena semua potensi sumber daya alam ada di desa Pariti, terutama di kampung Tukak ini yang merupakan mata pencaharian masyarakat Desa Pariti.

“Sejak PSBB, kegiatan warga kampung Tukak dari petani hingga ASN bahkan polisi yang ada di Kecamatan Sulamu juga ikut bertani dan sudah menikmati hasilnya. Selain pertanian, ada juga peternakan udang dan ikan bandeng,” jelas Kapolsek Defri.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Kapolres Kupang AKBP Aldinan R.J.H. Manurung, Wakapolres Kupang Djemy Gaelomi, Kapolsek Sulamu IPDA Defri , Danramil Sulamu Kapt. Inf. Oktavianus Mali, Camat Sulamu Alfius Sitama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan warga desa Pariti.

Laporan: Humas Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *