Turun Langsung ke Lokasi, Wakil Bupati Kupang Dapati Lahan TJPS Amfoang Timur Kekurangan Pupuk

Wakil Bupati Kupang sempatkan waktu melihat langsung lokasi TJPS di Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur (05/8) malam.

Amfoang-InfoNTT.com,- Dalam rangka wujudkan NTT bangkit menuju sejahtera, Pemerintah Provinsi NTT terus galakkan pembangunan di berbagai bidang, termasuk sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Salah satu program yang gencar dilakukan Pemerintah Provinsi NTT saat ini adalah Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS). Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe pun ikut memantau perkembangan TJPS di Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Selama dua hari kunjungan kerja ke wilayah Amfoang, Jerry Manafe selalu menyempatkan waktu berdiskusi serta menanyakan proses pengembangan program TJPS pada tiap-tiap kecamatan di Amfoang.

Pada hari terakhir, Jumat (06/8/2021) malam, tepatnya di Desa Netemnanu Utara (kali Noebesi), Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Jerry Manafe turun melihat langsung lahan yang ditanam jagung seluas 19,5 haktare.

“Ini lahan luas sekali, dan berbatasan langsung dengan Timor Leste tepatnya di kali Noebesi. Masyarakat sudah mulai ada kesadaran untuk mengikuti program TJPS,” ujar Wabup Kupang yang didampingi oleh Camat Amfoang Timur.

Menurut Jerry Manafe, seharusnya ada 700 haktare dinAmfoang Timur yang akan ditanam jagung untuk program TJPS, namun terkendala karena bertepatan dengan musim tanam kedua. Pada musim ini debit air berkurang dan air tidak cukup untuk lahan seluas 700 haktare.

“Air saja yang tidak cukup jadi kita mulai perdana di Amfoang Timur ini 20 haktare saja. 19,5 haktare di Desa Netemnanu Utara, sedangkan setengah haktare di Desa Kifu,” jelasnya.

Jerry Manafe juga menambahkan, bahwa penanamannya juga tidak serentak, jadi ada 5 haktare jagung yang kini sudah berbunga, namun persoalannya kekurangan pupuk, baik itu pupuk organik maupun cair.

“Saya minta tim TJPS harus cepat bantu pupuk. Pupuk organik dan cair, karena 5 hektar sudah berbunga,” ujarnya.

Wakil Bupati Kupang berharap agar semua wilayah di Kabupaten Kuoang serius kembangkan THPS, karena Amfoang Timur sudah memberikan contoh bahwa TJPS adalah program yang baik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Masyarakat Amfoang Timur punya niat mengikuti program TJPS. Tim TJPS harus serius tangani di lapangan agar tahun depan bisa gerakan program ini lebih baik lagi. Amfoang Timur sebagai perangsang yang cukup menjanjikan,” kata Jerry.

Dirinya punya harapan besar agar program TJPS terus digaungkan dan dikembangkan serta punya poin penting bersama Pemda Kabupaten Kupang untuk berkolaborasi. Di mana Kabupaten Kupang pun punya program revolusi 5 P, yang juga jika dikerjakan secara baik maka akan ada peningkatan ekonomi masyarakat.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait