Bakti Sosial Babinsa Desa Tunfeu Menyambut HUT RI ke-76

Kupang-InfoNTT.com,- Babinsa (Bintara Pembina Desa) adalah Prajurit TNI-AD yang merupakan pelaksana Pembinaan Teritorial di barisan depan, yang mana salah satu tugasnya melaksanakan komunikasi sosial dengan tujuan agar dapat memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI-AD dengan segenap komponen
bangsa untuk kepentingan pertahanan Negara.

Serma Patrai, Babinsa Desa Tunfeu, kecamatan Nekamese kabupaten Kupang dari kesatuan Koramil 1604-06/Batakte selalu melaksanakan kegiatan pembinaan pertahanan wilayah dan komunikasi sosial dengan masyarakat yang ada di desa binaannya dengan menyapa warganya serta membantu kegiatan masyarakat.

Kepada media ini, Jumat (13/8/2021) mengatakan, dirinya rutin melakukan bakti sosiaal menjelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-76 Tahun.

Selaku Babinsa, Serma Patrai mengajak kepala Dusun setenpat yakni Putra Lopo untuk keliling desa mengajak setiap warga untuk memasang bendera merah putih di depan rumah bagi warga yang belum memasang umbul umbul dan mengibarkan Bendera merah putih dalam rangka memperingati 17 Agustus.

Tidak hanya berkeliling kampung tetapi Babinsa Serma Patrai telah menyiapkan beberapa buah bendera merah putih untuk dibagikan kepada warga tidak mampu seperti janda dan dan yang tidak memiliki bendera.

Menurut Serma Patrai, salah satu tugas babinsa adalah mampu membangun komunikasi dengan masyarakat serta pada konteks pertahanan Negara seperti dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

”Kita mengajak masyarakat khususnya para pemuda untuk mencintai tanah air dengan memasang bendera merah putih,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain mengajak warga mengibarkan sang merah putih, sesuai dengan instruksi pemerintah untuk memasang bendera merah putih dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2021, Babinsa juga membagikan masker secara gratis kepada masyarakat yang tidak memiliki masker, sekaligus memberikan himbauan tentang protokol kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dusun Putra Lopo juga memberikan apresiasi kepada Babinsa yang telah bersama sama mengajak warga untuk mencintai tanah air dengan mengibarkan bendera merah putih serta pembagian masker dan paket sembako kepada lima orang janda dan duda.

”Bantuan diberikan kepada ibu Silpa Margarita Takene, ibu Lebrina Boki, Bapak Eliyas Loinati, ibu Fransina Miti dan Ibu Antonia. Kelima warga ini sangat layak untuk mendapat perhatian dari pemerintah,” ujar Kapala dusun. (*Tim)

Pos terkait