Home / News / Siswi SMP Sinar Swasembada ini Sehari Menggantikan Menko Kemaritiman

Siswi SMP Sinar Swasembada ini Sehari Menggantikan Menko Kemaritiman

Osin ketika menggantikan Menko Maritim/ foto: sekilasindo.com

Jakarta-infontt.com,- Maria Lengari (Osin) siswi kelas IX SMP Sinar Swasembada, Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata memenangi sebuah kompetisi kepemimpinan oleh Yayasan Plan Internasional Indonesia (YPII) yang diikuti 300 peserta.Sehingga dirinya terpilih mengantikan Menko Maritim Luhut B Panjaitan.

Anak perempuan berusia 15 tahun ini, dipercaya satu hari menjadi Menko Maritim, Kamis (11/10/2018). Sebagai Menteri Osin menyatakan sangat capek karena harus ketemu dengan pejabat-pejabat.

Meski demikian, Osin mengaku sangat senang dan tidak menyangka dirinya akan mendapatkan menjadi pejabat negara yang kebijakannya berpengaruh terhadap orang banyak.

Bila sebagai menteri Osin memiliki harapan kementerian perhubungan bisa mendorong transportasi yang nyaman, aman untuk perempuan dan anak perempuan. Untuk sektor pariwisata Osin meminta tidak ada lagi anak-anak yang bekerja, terlibat resiko, anak-anak harus sekolah.

“Pariwisata harus memberikan dampak kesejahteraan bagi keluarga agar anak-anak bisa sekolah,” katanya dalam keterangan pers, Di kantor Kemaritiman, Jl Thamrin no. 8 Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

Sementara Sesmenko Kemaritiman, Osin meminta agar pemerintah memperhatikan cara anak-anak yang tinggal di kepulauan atau pedalaman supaya memiliki akses dan alat transportasi yang aman.

“Anak-anak pedalaman selama ini mereka naik truk, angkot atau perahu yang sudah usang bahkan berjalan kaki,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Osin juga memberikan masukan mengenai perikanan di wilayahnya. Diakui dirinya, dari Kabupaten Lembata ikan sangat berlimpah, namun nelayan suka membuang ikan karena tidak terjual.

“Karena tidak tahu cara menyimpan, Tidak ada pengolahan jadi dibeli murah,” keluhnya, sambil menambahkan sektor perikanan ini dapat meningkatkan kesejahteraan. Terlebih lagi Lembata memiliki potensi wisata budaya tangkap paus.

Sekretaris Bidang Kemenko Bidang Kemaritiman , Agus Purwoto mengaku sangat mengapresiasi kegiatan YPII. Sehingga anak-anak di Indonesia ini bisa memiliki pengalaman memimpin seperti Menteri Luhut B Panjaitan dengan tugas sehari-harinya.

“Anak-anak juga dapat mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintah khususnya untuk membangun sektor Kemaritiman,” tandasnya.

Sumber: SEKILASINDO.COM

Check Also

Hilang Kendali, Mobil Avanza Tabrak 2 Siswa SD dan Rumah Warga

Oelamasi-infoNTT.com,- Sebuah mobil Toyota Avanza Silver mengalami oleng menghantam pembatas jalan di Jalan Timor Raya tepatnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *