Home / News / Workshop Bursa Kerja Khusus di SMK Kristen Soe

Workshop Bursa Kerja Khusus di SMK Kristen Soe

Soe-InfoNTT.com-, Bursa Kerja Khusus (BKK), suatu kegiatan yang dilaksanakan di aula SMK Kristen So’e dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi TTS, Ketua BKK SMK Negeri 1 So’e, Kepala sekolah SMK Kristen So’e dan 50 peserta Kepala Sekolah SMK Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan TTS.

Siswa-siswi SMK Kristen So’e menyambut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT beserta rombongan dengan natoni adat TTS. Kegiatan yang mengambil tempat di aula SMK Kristen So’e bertema Workshop Pengembangan Layanan Kerja Khusus (BKK), Kamis (07/11/2018).

Dalam pembacaan laporan sekaligus membuka pelaksanaan kegiatan bursa kerja khusus BKK yang dibacakan langsung oleh Ketua panitia Jenkritius Tefbana S.Pd mejelaskan bahwa salah satu upaya sekolah meningkatkan sebaran lulusan di dunia kerja yakni kegiatan penyaluran lulusan melalui kegiatan bursa kerja khusus BKK ini.

BKK adalah bursa kerja yang berada di satuan pendidikan menengah kejuruan dan pendidikan tinggi untuk melakukan pelayanan kerja khusus bagi siswa siswi SMK. Surat Perjanjian Kerjasama Pejabat Pembuat Komitmen Subdirektorat Penyelarasan Kejuruan dan kerja sama industri dan kepala sekolah SMK Kristen So’e.

Tujuan menyelenggarakan workshop pembangunan bursa kerja khusus BKK  untuk menumbuhkan layanan BKK baru, menguatkan BKK yang sudah ada dan mengelola layanan BKK menggunakan aplikasi online terkini.

Peserta harus mampu menyembangkan BKK baru di sekolahnya untuk sekolah yang belum memiliki, serta mampu menguatkan layanan BKK yang sudah ada dan juga peserta harus mampu mengelola layanan BKK menggunakan aplikasi online terkini.

Dalam sambutan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT Drs. Benyamin Lola,M.Pd mengatakan bahwa BKK adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja yang bermitra dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK.

Pelaksanaan kegiatan workshop bursa kerja khusus ini diakhri, sekaligus ditutup oleh kepala sekolah SMK Kristen So’e yang juga Ketua BKK Drs. Bernadus Na’atonis.M.pd.

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Laporan: Welem Leba

Editor: Roni Bani

Check Also

Anggota DPRD Kabupaten Kupang Ini Sukses Budidaya Melon

Kupang-InfoNTT.com,- memanfaatkan lahan kosong dengan luas kurang lebih satu hektar, Deasy Ballo Foeh Anggota DPRD …

Tinggalkan Balasan

Translate »