Home / News / Suksesnya Rangkaian Kegiatan HUT RI ke 74 di Kecamatan Amfoang Barat Daya
Paskibraka Kecamatan Amfo'ang Barat Daya foto bersama Camat usai upacara pengibaran bendera Merah Putih

Suksesnya Rangkaian Kegiatan HUT RI ke 74 di Kecamatan Amfoang Barat Daya

Amfoang-InfoNTT.com,- Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 Tingkat Kecamatan Amfoang  Barat Daya (Kabupaten Kupang) tahun 2019 ini dilaksanakan di Desa Bioba Baru. Sejak awal pembukaan (5/8), hingga acara puncaknya berlangsung aman dan damai sesuai pantauan media ini.

Camat Amfo’ang Barat Daya (ABD), Octovianus M. Bire, S.sos ketika diwawancarai usai upacara bendera, Sabtu (17/8/2019 siang mengatakan, rangkaian kegiatan HUT RI ke 74 di Kecamatan ABD ini sudah mulai sejak tanggal 5 Agustus dengan berbagai lomba, seperti  kesenian guna mengakomodir semua masyarakat Amfo’ang agar berpartisipasi.

“Ini perayaan setahun sekali maka dari itu dengan lomba lomba seperti ini masyarakat pun bisa dapat menunjukan hobi dan bakat bakat, salah satunya lewat kesenian. Kami juga sudah bersepakat dengan kepala kepala desa dan perangkat perangkat desa maupun tokoh adat, pemuda dan pihak gereja, bahwa setiap tahun atau 17 Agustus harus dirayakan seperti hari ini,”ungkap Camat.

Tempat untuk perayaan HUT RI di Kecamatan Amfo’ang Barat Daya ini pun bergilir setiap tahunnya di tiap desa. Tahun ini kegiatan berpusat di Desa Bi’oba Baru. Kecamatan Amfo’ang Barat Daya sendiri terdapat 4 Desa yaitu Desa Bioba baru, Desa Manubelon, Desa Letkole dan Desa Nefo Ne’u.

“Tahun lalu kami adakan di Desa Manubelon, sedangkan dua tahun lalu kami buatnya di Desa Nefo Ne’u dan rencana tahun depannya di Desa Letkole. Program ini harus dilaksanakan setiap tahun dengan mengisi kegiatan kegiatan seperti perlombaan, jika tidak maka masyarakat ada yang resah atau kecewa,”ujarnya.

Sebagai Camat atau pemimpin di wilayah tersebut, dirinya juga merasa masyarakat sangat jauh dari kota dan kurang hiburan, maka dari itu dengan mengadakan kegiatan seperti ini masyarakat bisa sedikit menikmati hiburan dan menyaksikan pertandingan pertandingan dan juga bisa bertemu dengan teman-teman serta saudara dari desa lain.

“Saya sendiri sebagai camat Amfo’ang Barat Daya sangat mendukung karena ini adalah komitmen saya sejak bertugas di kecamatan ini. Saya ingin agar kegiatan menyongsong hari kemerdekaan seperti ini harus terus di pertahankan dan kembangkan terus karena ini adalah momen spesial bagi masyarakat sebagai bangsa yang menghargai jasa para pahlawan,”tegas Okto Kire.

Ketua Panitia Perayaan HUT RI ke 74 Tingkat Kecamatan Amfo’ang Barat Daya, Yesaya Baisila yang dikonfirmasi terkait suksesnya rangkaian kegiatan HUT RI di Amfoang Barat Daya ini mengatakan bahwa tanggung jawab besar yang diembannya harus dilaksanakan hingga berhasil tanpa ada goresan persoalan atau luka di masyarakat.

Hal ini dikarenakan tugasnya sebagai Ketua Panitia adalah tugas besar yang tidak boleh dikerjakan dengan setengah hati, karena ini menyangkut kepentingan negara dan bangsa Indonesia.

“Bagi saya adalah suatu tanggung jawab yang sangat luar biasa karena adanya kerja sama dari semua pihak. Hari ini puncaknya dan saya merasa bangga karena kegiatannya bisa terjadi di desa Bi’oba baru serta berhasil dengan baik,”ujar mantan Kepala Desa Bi’oba Baru ini.

Selain pengibaran dan penurunan bendera, ada juga kegiatan ya g dilaksanakan seperti sepak bola, bola voli, tari perang, paduan suara, vokal grup, Bonet, panjat pinang dan masih banyak kegiatan lainnya.

“Saya bersyukur karena sebagian masyarakat, anak-anak sekolah, ada yang mau untuk berpartisipasi membantu, sehingga kami sebagai panitia merasa senang dan semua kegiatan yang kami sepakati itu berjalan baik hingga akhir,”ujar Yesaya.

Laporan: Yoan Nuban dan Sigit Seran

Check Also

145 Sekolah di Kabupaten Kupang Menerima Dana BOS Afirmasi

Oelamasi-InfoNTT.com,- Dalam rangka menyiapkan sekolah memasuki era revolusi industri 4.0, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI …

Tinggalkan Balasan

Translate »
error: Content is protected !!