Home / Gaya Hidup / Soft Opening Sayembara Ayo Bangun NTT Jilid II Tahun 2020
Soft Opening Sayembara Ayo Bangun NTT Jilid II 2020

Soft Opening Sayembara Ayo Bangun NTT Jilid II Tahun 2020

Kupang – InfoNTT.com,- Kegiatan Sayembara Ayo Bangun NTT (SABN) Jilid II yang diinisiasi Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI) resmi dibuka. Mulainya kegiatan ini ditandai dengan acara Soft opening, Selasa (31/12/2019) di Canteen Resto, Nefonaek, Kota Kupang.

Soft opening ini dihadiri langsung Ketua Yayasan Tunas Muda Indonesia, Melki Laka Lena, Ketua Panitia Saturminus Djawa, Sekretaris Panitia Mira Pellu dan sejumlah panitia lainnya.

Ketua Yayasan Tunas Muda Indonesia Melki Laka Lena mengatakan, SABN ini sebagai salah satu ajang mempersatukan anak muda NTT. Di mana kegiatan ini sebagai ajang untuk memupuk persaudaraan dan kebersamaan anak muda NTT.

Selain itu sebagai ajang untuk anak muda berkreasi, acara ini juga untuk mempertemukan anak muda NTT dan membuat kepuasan tersendiri bagi bagi Melki Laka Lena.

“Saat penutupan Sayembara Ayo Bangun NTT jilid I, saya melihat ada keceriaan anak-anak muda NTT mengikuti acara ini,” ujarnya.

Dijelaskan Melki Laka Lena, acara SABN Jilid II ini akan dimulai awal bulan Januari dari Labuan Bajo dan akan berakhir sekitar Bulan Oktober 2020. Perlombaan pada Sayembara jilid II pun sedikit berbeda dengan jilid I. Di mana, sayembara ini akan dimulai dari tingkat kecamatan.

“Jadi yang juara kecamatan akan mengikuti lomba tingkat kabupaten, dan juara tingkat kabupaten akan mengikuti lomba tingkat provinsi,” ujar Melki.

Sayembara kali ini akan memakan waktu cukup panjang yakni selama 10 bulan, mulai Januari hingga Oktober 2020. Pada sayembara jilid I, hanya berlangsung sekitar 4 bulan.

“Saya berharap sayembara ini punya pengaruh yang luar biasa bagi anak muda NTT. Terkait pembukaan kegiatan ini akan dilaksanakan di Labuan Bajo karena daerah tersebut sudah menjadi ikon pariwisata NTT yang menjadi kebanggaan Indonesia dan dunia serta sedang menggeliat, sehingga pembukaannya di sana,” jelas Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini.

Sedangkan pada penutupan sayembara pada Oktober 2020, lanjut Melki, akan digelar di daerah perbatasan negara dan dilanjutkan dengan Kongres Pemuda NTT.

Melki Laka Lena juga menegaskan bahwa kegiatan ini akan bekerjasama dengan pihak terkait tanpa ikatan apapun. Kegiatan itu murni kreasi anak muda tidak ada kaitannya politik ,meskipun digelar pada momentum pilkada.

“Jika ada tokoh politik yang hadir, maka tokoh itu bicara soal bagaimana membangun NTT tapi bukan bicara soal dukung-mendukung,” ujarnya.

Diakhir pertemuan Melki juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada SABN Jilid I terutama anak-anak muda NTT yang antusias berpartisipasi. “Saya menjadi seperti ini karena anak-anak muda NTT,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Panitia Mira Pellu mengatakan, Soft Opening SABN Jilid II merupakan lanjutan dari SABN Jilid I, yang mana untuk SABN Jilid II ada empat kegiatan, yakni debat, sayembara, tari kreasi dan ylomba influencer.

Dijelaskan Mira, secara resmi opening SABN Jilid II mulai dilakukan pada 16 Januari 2020 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Ketua SABN Jilid II Tahun 2020 Saturminus Djawa mengatakan, dirinya dipercayakan oleh Melki Laka Lena untuk menggelar SABN jilid II tahun 2020. Di mana sayembara ini akan digelar dua tahun sekali.

Berkaca pada SABN Jilid I, menurut Saturminus, nampak bahwa anak muda NTT memiliki potensi dan gagasan yang luar biasa sehingga kegiatan SABN ini kembali digelar.

“Kami berterima kasih kepada abang Melki yang menggagas kegiatan ini di semua kabupaten dan kota di NTT. Kegiatan ini akan kita gelar dua tahun sekali,” katanya. (Chris Bani)

Check Also

Menakar Perkada APBD Rote Ndao dan TTU Serta Implikasi Untuk Rakyat

Oleh: Epy Klau Awal tahun 2020, masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) disuguhi polemik yang …

Tinggalkan Balasan