Home / Bahasa Amarasi / Sambutan pada Kamus Maruna’

Sambutan pada Kamus Maruna’

Amarasi Raya, infontt.com.- Seorang guru Sekolah Dasar berkata, “Beta jadi semangat belajar Bahasa Amarasi. Tanpa tunggu lama, beta ajak anak-anak untuk sama-sama belajar. Dan ternyata, mereka juga sukarela bantu beta supaya bisa Bahasa Amarasi.” Kalimat ini sebagai kabar yang menggembirakan pada pegiat literasi bahasa daerah, sebagaimana yang kami lakukan di Unit Bahasa dan Budaya GMIT Kupang.

Kamus Maruna’ Uab Meto’ Amarasi, merupakan salah satu di antara buku yang sudah diterbitkan dalam Bahasa Amarasi. Dalam Kamus Maruna’ Uab Meto’ Amarasi yang disusun dalam tiga Bahasa (Amarasi, Indonesia, dan Inggris) ini, terdapat topik-topik tentang Dunia, Badan, Makhluk darat, Ikan, Burung, Warna dan Tumbuhan.

Tidak banyak yang dimuat disana dalam gambar. Buku setebal 51 halaman ini memuat pokok-pokok materi yang umum terlihat dan diucapkan oleh penuturnya yaitu komunitas pengguna Uab Meto’ Amarasi dalam gaya Kotos dan Ro’is. Gambar-gambar di sana ada yang dibuatkan sendiri oleh kedua penulisnya, dan ada pula yang diambil dari gambar yang telah dilepas ke ranah publik.

Berharap bahwa pelestarian Bahasa Daerah melalui menulis buku sederhana seperti ini akan terus berlanjut.

 

Laporan: Admin/Roni Bani

Check Also

Menakar Perkada APBD Rote Ndao dan TTU Serta Implikasi Untuk Rakyat

Oleh: Epy Klau Awal tahun 2020, masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) disuguhi polemik yang …

Tinggalkan Balasan