Home / Ekonomi / Pelatihan Bercocok Tanam Bukti Kegembiraan Pramuka di Batas Negara

Pelatihan Bercocok Tanam Bukti Kegembiraan Pramuka di Batas Negara

Belu-InfoNTT.com,- Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Salore memberikan pelatihan bercocok tanam bersama anak pramuka jurusan tata boga dari SMK kusuma. Para pelajar ini terjun ke kebun percontohan untuk melakukan pemeliharaan dan panen sayur seperti kangkung dan terong, di Kebun percontohan Pos Salore Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur,  Kabupaten Belu, Rabu (13/03/2019).

Komandan Pos Salore, Letda Inf Tugiyo kepada media ini mengatakan, pembinaan yang dilakukan oleh pos salore bukan hanya untuk masyarakat, tetapi juga untuk anak anak sekolah dan anak pramuka seperti dari SMK kusuma. Anggota Pos salore memberikan pendampingan khusus buat anak pramuka, agar bisa mengerti akan ketahanan pangan.

Danpos juga mengungkapkan, tanaman-tanaman ini cukup mudah ditanam di perumahan dan sangat disukai masyarakat, dan tidak hanya masyarakat menengah ke bawah akan tetapi juga banyak masyarakat menengah ke atas yang juga menyukai tanaman tersebut. Hal ini karena sayur kangkung mempunyai kandungan vitamin yang melimpah dan telah menjadi masakan utama di restoran-restoran tertentu, bahkan kangkung ada yang ditanam alami serta bebas dari bahan-bahan kimia.

“Kangkung merupakan hasil komoditi pertanian yang memiliki keunggulan dari sisi ekonomi maupun kesehatan dan juga memiliki nilai ekonomi dengan harga jual yang cukup lumayan di pasar tradisional dan supermarket,”jelasnya.

Selvi salah satu murid mengatakan dirinya sangat senang dan sangat antusias dengan adanya TNI di perbatasan, karena bisa memberikan banyak pembelajaran tentang pertanian dan ketahanan pangan serta memberikan pendampingan kepada para pelajar, agar bukan hanya bisa menikmati hasilnya saja tetapi juga bisa bekerja keras untuk menanam dan memanen hasilnya.

keterlibatan para Anggota Pos Salore dalam pendampingan kepada anak pramuka ini diharapkan dapat membantu dan memberikan motivasi yang tinggi dan bisa sebagai contoh untuk anak-anak di sekolah lainnya. (Tim)

Check Also

Desa Oebelo Juara Turnamen Volly Tingkat Kecamatan Amanuban Selatan

Amanuban-InfoNTT.com,- Desa Oebelo keluar sebagai juara pertandingan bola volly putra tingkat kecamatan Amanuban Selatan dalam …

Tinggalkan Balasan

Translate »
error: Content is protected !!