Home / Ekonomi / Pantai Lasiana, “Antara kenyamanan dan keamanan”

Pantai Lasiana, “Antara kenyamanan dan keamanan”

Pantai-Lasiana

 

Kupang-infontt.com,- Kota Kupang sebagai kota terbesar yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), letaknya berada di pesisir Teluk Kupang yaitu kawasan yang berada dibagian barat laut pulau Timor. Sebagai kota terbesar yang ada di NTT, tentu saja Kupang juga mempunyai beberapa objek wisata yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi ketika sedang berada di kota.

Pantai Lasiana dijadikan sebagai salah satu objek wisata karena ombak laut yang tenang,dan kualitas air laut yang jernih serta hamparan pasir putih di sepanjang pesisir pantai. Hal ini membuat pantai Lasiana sangat cocok untuk berenang, berjemur, atau sekedar dinikmati keindahannya. Di sepanjang pinggir pantai juga banyak terdapat pohon tinggi dan berfungsi sebagai peneduh. Luas area wisata pantai lasiana ini adalah sekitar 3,5 ha yang diapit oleh dua pantai yakni pantai Manikin dan pantai Batu Nona.Pantai wisata Lasiana ini biasanya akan ramai pengunjung ketika memasuki hari libur. Pengunjung yang sering menikmati panorama laut di pantai lasiana berasal dari berbagai lokasi yang berada di kota Kupang dan dari berbagai daerah di luar kota Kupang,

Jarak tempuh yang hanya 12 kilometer dari pusat kota Kupang mudah diakses menggunakan transportasi darat akses transportasi ke pantai Lasiana ini dapat anda temukan dengan banyak pilihan yang bervariasi bagi anda yang ingin melepas lelah sambil menikmati hamparan pasir putih dan gulungan ombak. Selain itu anda bisa menikmati ikan bakar yang juga dijual di area pantai wisata Lasiana. Suasana berwisata anda akan semakin lengkap dengan menikmati kelapa muda sambil memanjakan mata anda dengan gelombang laut yang perlahan bergulung dari tengah laut hingga pecah di atas pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai wisata Lasiana, desahan angin laut yang perlahan menghempas daun lontar dan daun kelapa, akan membuat anda menikmati momen berwisata bersama teman-teman dan keluarga.

Fasilitas yang ada di area pantai wisata Lasiana antara lain lokasi parkir kendaraan roda dua dan roda empat, lopo sebagai tempat berinteraksi sosial serta beberapa jenis makanan kuliner seperti, pisang gepe, kelapa muda dan ikan bakar. Fasilitas MCK juga telah tersedia di dalam area pantai wisata Lasiana.

Lokasi pantai wisata Lasiana juga terdapat home stay, sehingga bagi anda yang berkunjung ke lokasi tersebut dan ingin menginap melepas lelah untuk beberapa hari, anda dapat menyewa salah satu kamar home stay tersebut sebagai tempat menginap. Namun, fasilitas pendukung tersebut masih terlalu minim sehingga perlu adanya penambahan fasilitas rekreasi berupa wahana air dan beberapa fasilitas pendukung lainya sehingga dapat menarik minat masyarakat yang ingin berwisata di pantai Lasiana.

Peningkatan pengawasan pada area pantai juga harus ditingkatkan sehingga dapat mencegah kerusakan pantai dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, demi keselamatan pengunjung yang berwisata di lokasi tersebut. Bentuk pengawasan ini bisa dilakukan dengan cara memberikan tanda “awas” pada kedalaman laut 2,5 meter atau melebihi ketinggian orang dewasa agar tidak membahayakan pengunjung terutama anak-anak yang suka berenang di pinggir pantai.

Pengawasan lain juga bisa dilakukan dengan menghadirkan sebuah menara pengawas untuk mengontrol situasi pantai saat aktifitas berwisata berlangsung. Strategi ini perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan pengunjung. Dengan begitu maka diharapkan pada masa yang akan pantai Lasiana bisa menjadi salah satu objek wisata pantai di NTT yang ramai,tertib, dan layak.(Chris)

Check Also

Denpomal Lanal Maumere Musnahkan 9 Jerigen Miras Jenis Moke

Maumere – InfoNTT.com,- Denpomal Lanal Maumere berhasil musnahkan barang bukti sitaan minuman keras jenis arak …

Tinggalkan Balasan