Kunker di Kecamatan Sulamu, Wakil Bupati Kupang Minta Proses Tambang Galian C Ditutup

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat meninjau lokasi tambang galian C di kali Noelbiboko

Sulamu-InfoNTT.com,- Pasca pengeluhan warga Desa Pariti di Kantor DPRD Kabupaten Kupang beberapa waktu lalu, serta ramai pemberitaan terkait tambang galian C di kali Noelbiboko, Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, akhirnya Wakil Bupati Kupang Jery Manafe melakukan kunjungan kerja ke Desa Pariti untuk melihat secara dekat titik persoalan di kali Noelbiboko, Rabu 23 September 2020.

Kepada awak media di lokasi tambang galian C Noelbiboko, Jerry Manafe mengingatkan bahwa sumber segala kehidupan adalah air, di mana air memberikan kontribusi besar bagi kehidupan bermasyarakat baik itu di kota juga maupun desa.

Read More

Wabup Kupang menilai saat ini masyarakat Kabupaten Kupang pada umumnya mengeluh dengan situasi kekeringan berkepanjangan. Untuk itu persoalan yang terjadi di Desa Pariti terkait tambang galian C Noelbiboko harus dihentikan karena sudah sangat merugikan masyarakat.

Selanjutnya Dirinya akan berkordinasi dengan pemerintah provinsi terkait persoalan ini. Jerry yakin pihak provinsi juga tidak tertutup dengan persoalan ini. Rencananya Pemkab Kupang dan Pemprov NTT pekan depan akan melakukan rapat bersama dalam rangka menghentikan 14 perusahaan yang sedang beroperasi tanpa izin di kali Noelbiboko.

“Aktivitas dari 14 perusahaan ini sebaiknya stop saja kalau tidak punya izin resmi dari dinas terkait, karena ini sudah tergolong dengan unsur pidana di dalam, dan unsur pidana bukan saja untuk tambang batubara, tambang emas, dan tambang migas saja, tetapi tambang galian C juga bisa pidana,” tegasnya.

Jerry manafe meminta agar masyarakat harus pro aktif dalam menyikapi persoalan, jangan berpatokan ini perusahaan pemerintah. Semua pihak harus bekerjasama baik itu masyarakat, tokoh masyarakat, BPD, dan juga pemerintah desa, sehingga persoalan ini bisa ada solusinya. (Tim/Jimmy Kapitan)

Related posts

Leave a Reply