Jerry Manafe: Masyarakat Kauniki Sangat Proaktif dan Ingin Desa Maju

Wakil Bupati Kupang ketika berdialog dengan masyarakat Desa Kauniki

Oelamasi-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe,SH.,M.Th melakukan kunjungan kerja ke Desa Kauniki, Kecamatan Takari, Kamis (24/9/2020) pagi. Kunjungan kerja ini sekaligus Wabup Kupang melakukan dialog bersama masyarakat di aula Kantor Desa Kauniki.

Kunjungan kerja Wakil Bupati Kupang ini bertujuan untuk mendengar aspirasi masyarakat dan juga mendengar secara langsung klarifikasi dari pemerintah desa atas laporan-laporan masyarakat Desa Kauniki terhadap berbagai berita yang ada di media beberapa hari terakhir ini.

Read More

Jerry Manafe dalam sambutannya mengatakan Dirinya datang dan berharap semua persoalan harus selesai. Ia memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengklarifikasi laporan yang sudah beredar luar di masyarakat.

Salah satu masyarakat, Ibrahim Kase mengatakan dirinya tidak merasa puas terhadap pelayanan desa yang tidak sesuai, seperti pengelolaan dana desa dan kinerja pemerintah desa. Bantuan dana desa lebih dari 2 miliar tapi Desa Kauniki tidak ada perubahan.

Dalam kesempatan tersebut, Thom Polin mewakili Kepala Inspektorat Kabupaten Kupang menyatakan untuk masalah Desa Kauniki banyak yang tidak benar. “Kami telah membuat tim pemeriksaan karena data-data yang didapat banyak yang tidak valid dan data-data tersebut akan diberikan ke kejaksaan untuk proses lebih lanjut,” ungkap Thom.

Kepala PMD Kabupaten Kupang yang diwakili oleh Maksen Takuneno juga mengatakan, semua laporan atas dasar pengawasan langsung dari masyarakat dan perlu dibuktikan. “BPD harus tahu persis isi perencanaan dan pertanggungjawaban dana desa, jangan asal tanda tangan tapi tidak tahu apa-apa,” tegas Maksen.

Setelah semua berbicara, Wabup Jerry Manafe mengatakan, banyak persoalan di masyarakat dan terlambat dalam penanganan masalah tersebut, fungsi BPD juga tidak berjalan dengan baik.

“Di sini juga bendahara mengatur pelaporan-pelaporan tapi tidak ada pertanggungjawaban. Kades mungkin tidak teliti dalam perencanaan dan pertanggungjawaban anggaran. Masyarakat di sini sangat proaktif dan ingin desa ini maju. Saya kira pantas desa ini harus berkembang dengan dana desa 2 miliar lebih,” ujar Jerry.

Lebih lanjut Jerry Manafe mengatakan, Dinas PMD perlu melakukan pembinaan dan sosialisasi terhadap desa. BPD dan pemerintah desa belum tahu tupoksi masing-masing, karena masalah ini sudah sampai ke kejaksaan dan walaupun inspektorat ada sedikit hambatan tapi sesegera mungkin inspektorat akan turun langsung dengan tim pemeriksa untuk mendapat data yang pasti dari temuan di lapangan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Takari Yulius Taklal, Ketua BPD Sefnat Benu, Kapala Desa Kauniki Oktovianus Kono beserta perangkat desa Kauniki, Kasat Pol PP yang mewakili Ricky Djo, Kepala PMD yang mewakili Maksen Takuneno, Kepala Inspektorat yang mewakili Thom Polin, Kapolsek Takari Paulus Malelak, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan serta masyarakat Desa Kauniki dan para awak media.

Laporan: Humas Setda Kabupaten Kupang

Related posts

Leave a Reply