Home / News / Diskusi Adalah Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
Marini Yon Nuban

Diskusi Adalah Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Marini Yon Nuban

InfoNTT.Com-, Bagaimana mendapatkan harga diri  serta berpendapat suatu pendapat dan dihargai? atau menjadi pribadi yang memiliki prinsip yang tidak mudah dipatahkan?

Mulailah berdiskusi dari kelompok-kelompok kecil agar pendapat anda bisa dihargai dengan mencob untuk menghargai pendapat orang. Setidaknya harga diri anda bisa aman dan tidak memalukan di awal mula anda mulai mencoba berdiskusi dan berpendapat. Dalam suatu forum diskusi, bukan hanya ruang bagaimana menyampaikan suatu pendapat, tetapi saat itulah pembentukan karakter dari lemah serta kosong menjadi pribadi yang  kreatif dalam berkomunikasi.

Banyak berdiskusi dapat mengajarkan kita pada arti pribadi yang kuat, di mana ada kekuatan yang tumbuh dalam diri kita ketika sering berdiskusi, banyak pengetahuan kreatif dapat menjadikan karakter itu tumbuh. Apalagi ditambah dengan pokok diskusi dan lawan diskusi yang cerdas sert kreatif, maka sudah dipastikan kemampuan berdiskusi dan berpendapat semakin kuat dan pastinya tingkat percaya diri kita bertambah.

Perlu diingat juga bahwa dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapat, seseorang tidak bisa dinilai dari fisik yang kecil ataupun tubuhnya yang kecil. Fisik yang kecil belum tentu kekuatan per pikir dan intelektualnya lemah. Maka dari itu, hargai dan berikanlah kesempatan berbicara dalam suatu forum kepada semua orang tanpa memandang bulu.

Semakin banyak kita belajar berdiskusi, maka semakin banyak ilmu pengetahuan yang sebelumnya kita tidak paham menjadi mengerti dan tahu. Banyak generasi sekarang menganggap bahwa bersekolah bisa menjadi landasan untuk mendapatkan pribadi yang kuat atau dihargai di lingkungan, tanpa berpikir ada satu hal yang dilupakan generasi sekarang, di mana lebih cenderung bersekolah untuk mendapatkan ijazah tanpa harus mengejar ilmu dengan belajar, artinya rasa ingin tahu terhadap ilmu itu sendiri masih kurang.

Hal yang tak kala penting adalah seseorang tidak lagi produktif ketika dirinya menyombongkan kemampuannya atau kelebihan yang ada pada dirinya tanpa memperdulikan semua yang ada di sekelilingnya. Jangan cepat merasa puas dengan hasil yang ada tanpa memandang jauh ke depan apa yang akan terjadi di depan, dan bagaimana caranya bertahan di hari depan.

Mulailah berdiskusi hal-hal positif agar memupuk rasa percaya diri sejak dini. Dalam berdiskusi pro dan kontra tentunya suatu hal yang lumrah, karena dari situlah kita bisa paham dan mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam tubuh diskusi tersebut. Salam

Penulis: Marini Yon Nuban

(Mahasiswa FKIP Undana, Prodi Bahasa Indonesia angkatan 2016 dan juga wartawan)

 

Check Also

Denpomal Lanal Maumere Musnahkan 9 Jerigen Miras Jenis Moke

Maumere – InfoNTT.com,- Denpomal Lanal Maumere berhasil musnahkan barang bukti sitaan minuman keras jenis arak …

Tinggalkan Balasan