Home / Ekonomi / Desa Oepaha Siap Menatap Kemakmuran dengan Adanya Irigasi Tetes

Desa Oepaha Siap Menatap Kemakmuran dengan Adanya Irigasi Tetes

Oepaha-Infontt.com,- Membangun desa menggunakan  Dana Desa sesungguhnya adalah dengan memperhatikan potensi serta kebutuhan masyarakat agar pembangun tersebut bisa tepat sasaran dan mampu mengembangkan ekonomi masyarakat.

Desa Oepaha, Kecamatan Nekmese, Kabupaten Kupang merupakan salah satu desa yang saat ini benar-benar membaca peluang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bidang pemberdayaan dan pembangunan. Salah satu yang hingga kini mampu menjawab kebutuhan rakyat adalah irigasi tetes yang digagas tahun 2019 ini.

Irigasi tetes yang dibangun menggunakan anggaran dana desa mampu mengaliri lahan-lahan pertanian masyarakat sehingga dapat membantu sekaligus memberi kemudahan bagi para petani di desa Oepaha.

Yakobis Kofan, Kepala Desa Oepaha saat ditemui media ini beberapa waktu lalu mengatakan irigasi tetes tersebut merupakan jawaban tepat yang selama ini dirindukan oleh para petani di desanya. “Dengan adanya irigasi tetes, masyarakat bisa menanam 3 kali dalam satu tahun” jelas Yakobis.

Ekonomi masyarakat sendiri, diperkirakan akan meningkat dengan adanya irigasi tersebut. Di mana tiga kali panen dalam setahun, jika dijual maka masyarakat di desa Oepaha bisa berkecukupan.

Selain irigasi tetes, terdapat juga depot isi ulang air bersih dengan tujuan membantu masyarakat agar tidak lagi membuang banyak waktu hanya untuk menyiapkan air minum. “Air bersih ini dipersembahkan khusus bagi masyarakat, supaya meminimalisasi waktu dalam bekerja,” ungkap Kades.

Dengan adanya ide-ide kreatif dalam membangun desa saat ini, Yakobis bersama masyarakat akan terus merawat serta mengembangkan potensi-potensi di desa agar menjadi lebih maju kedepan nya. “Tentunya PerDes kami sudah mengatur bagaimana perawatan serta pengembangan potensi di Desa, dan pasti akan menjadi lebih maju kedepan,” tandasnya.

Laporan: Sigit Seran

Check Also

Tim Identifikasi Polres TTS dan Dokter RSUD Soe Menyelidiki Kasus Keracunan Bubur Ayam

Soe-InfoNTT.com,- Polres TTS sudah mendapatkan identitas dari penjual bubur yang mengakibatkan belasan warga Kota Soe …

Tinggalkan Balasan

Translate »
error: Content is protected !!