Home / News / Bimbingan Belajar Sore Gratis di Kota Kupang Resmi Terbentuk
Relawan saat mengajarkan materi untuk anak-anak

Bimbingan Belajar Sore Gratis di Kota Kupang Resmi Terbentuk

Kupang-InfoNTT.com,- Agar anak-anak mendapat tambahan belajar di luar jam sekolah maka sebuah tempat Bimbingan Belajar Sore Gratis resmi dibentuk, Jumat (06/12/2024) di jalan TDM II, RT 014, Kelurahan TDM, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Tempat belajar ini didampingi oleh Yayasan Sosial Wadah Titian Harapan dengan mengandalkan dua orang Sukarelawan, yang mana mengajarkan anak-anak di lingkungan pinggir jurang kali TDM.

Pantauan media ini di lokasi, kegiatan belajar langsung di teras rumah anak-anak tersebut, dengan cara belajar secara bergiliran di setiap rumah pada saat jadwal belajar.

Kegiatan belajar ini diadakan setiap hari Rabu dan Jumat. Anak-anak datang dengan pakaian seadanya, ada juga beberapa tidak menggunakan alas kaki. Nampak anak-anak sangat antusias dengan kedatangan para relawan yang biasa mereka sebut kakak.

Kegiatan belajar ini dimulai pada pukul 16:00-18:00 WITA. Aktivitas biasa diawali dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh anak yang mendapatkan tugas untuk memimpin Doa. Selanjutnya langsung diisi dengan kegiatan belajar mengajar.

Delly, salah satu relawan yang diwawancarai mengatakan, mengajar anak-anak tersebut harus sabar, karena lingkungan dan karakter anak-anak berbeda.

“Adik-adik yang belajar di sini berjumlah 10 orang. Kita mengajar lebih fokus pada pembinaan karakter,”ungkapnya.

Selain belajar bersama, para relawan juga ikut membantu mengerjakan tugas sekolah anak-anak, latih membaca, menghitung bagi yang belum bisa, dan belajar Agama. Belajarnya dikolaborasikan dengan permainan agar anak-anak bersemangat dalam pelajar dan tidak jenuh.

Selain mengajar, para relawan juga mengajari anak-anak tersebut untuk selalu bersyukur dalam hidup, serta yang terpenting adalah tidak boleh putus asa dalam mengejar cita-cita.

Laporan: Eva Da Costa

Check Also

Menakar Perkada APBD Rote Ndao dan TTU Serta Implikasi Untuk Rakyat

Oleh: Epy Klau Awal tahun 2020, masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) disuguhi polemik yang …

Tinggalkan Balasan