Home / Anggota DPRD Kabupaten Kupang Ini Sukses Budidaya Melon
Anggota DPRD Kabupaten Kupang Deasy Ballo Foeh

Anggota DPRD Kabupaten Kupang Ini Sukses Budidaya Melon

Kupang-InfoNTT.com,- memanfaatkan lahan kosong dengan luas kurang lebih satu hektar, Deasy Ballo Foeh Anggota DPRD kabupaten Kupang berhasil melakukan uji coba tanaman melon di Naibonat, kecamatan Kupang Timur, kabupaten Kupang.

Buah melon yang baru dipanen

Kepada media ini di lokasi panen melon, Selasa (12/11/2019) Deasy mengatakan bahwa upaya percobaan ini dilakukan karena selama ini masyarakat masih ragu untuk menanam jenis tanaman pertanian yang baru. Di mana ada anggapan bahwa tanaman melon atau tanaman yang tidak biasa di tanam maka akan gagal panen.

“Untuk percobaan perdana ini sangat berhasil karena hasilnya dari 3 lorong atau petak saja sudah menghasilkan 3000 an buah, apalagi ini baru panen pertama,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Hasil panen melon ketika diangkut

Masih ada 20 an petak yang belum dipanen. Selain melon masih ada tanaman lain yang akan dipanen juga dalam waktu dekat yakni semangka.

“3000 an melon yang dipanen kemarin telah dijual ke pasar pasar di kota Kupang, dan 2 minggu kedepan akan panen lagi. Hasil ini juga berkat kerja sama dengan petani atas nama Napoleon Saudale yang memang pernah menerima pendidikan soal tata cara budidaya melon,” ungkap Deasy.

Sebagai wakil rakyat, Deasy menegaskan bahwa ini adalah upaya percobaan penanaman sekaligus merangsang serta mendorong masyarakat agar kedepannya bisa juga menanam tanaman lain di sawah usai panen.

Langkah ini sebagai contoh, di mana masih ada tanaman produktif lain yang bisa juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentu dengan melibatkan dan mengajak masyarakat untuk belajar bersama merupakan salah satu cara agar masyarakat tidak terpaku pada pola kerja yang sama  setiap tahunnya.

Laporan: Chris Bani

Check Also

Polres TTU Mulai Lakukan Penyelidikan Dugaan Kasus Korupsi Dana Desa Tautpah

Kefamenanu-InfoNTT.com,- Tim Satreskrim Polres TTU mulai melakukan penyelidikan terhadap dugaan korupsi pengelolaan dana desa (DD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *