Home / Gaya Hidup / Puskesmas Keliling, Anggota Satgas Kunjungi dan Memeriksa Kesehatan Warga di Setiap Rumah

Puskesmas Keliling, Anggota Satgas Kunjungi dan Memeriksa Kesehatan Warga di Setiap Rumah

Belu-InfoNTT.com,- Menjalankan tugas di wilayah perbatasan merupakan kehormatan yang diberikan oleh negara kepada anggota TNI, hal ini juga yang dirasakan oleh Pos Damar, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 408/Sbh di wilayah perbatasan, di mana para prajurit TNI ini menjalankan tugas terus untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rutin melaksanakan patroli patok-patok batas negara merupakan tugas pokok anggota TNI ini yang bertugas di wilayah perbatasan, selain untuk mengecek kondisi patok-patok tersebut, juga untuk memastikan keamanan di wilayah perbatasan.

Akan tetapi ada hal unik yang anggota TNI ini lakukan di waktu senggang mereka, selain berbaur dengan masyarakat, seperti melaksanakan anjangsana, turut serta dalam giat di masyarakat, mereka juga kerap melaksanakan pelayanan kesehatan keliling ke masyarakat. Anggota TNI ini turun langsung mengecek dengan metode door to door di wilayah Dusun Aisik, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT.

Kopda Walino yang merupakan tenaga kesehatan di Pos Damar dengan ramah mengecek kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan. Berbekal alat seadanya yang dimiliki oleh Pos Damar, Kopda Walino tidak patah semangat untuk mengecek kondisi kesehatan masyarakat perbatasan yang notabene adalah wilayah binaan Pos Damar.

Rumah ibu Martha, merupakan sasaran door to door Kopda Walino kali ini, sontak masyarakat yang tinggal di sekitaran wilayah tersebut berbondong-bondong mendatangi rumah ibu martha untuk di cek kesehatannya oleh Kopda Walino.

Mulai dari sekedar mengecek tekanan darah sampai dengan mengecek secara fisik kondisi dari masyarakat tersebut. Salah satu contoh yakni ibu Santa (48 Tahun), warga Dusun Aisik, yang sejak 2 minggu lalu mengalami sakit pada lambungnya, dan melaporkan kepada Kopda Walino, kemudian ibu Santa di cek kondisi tubuhnya oleh Kopda Walino, dan diberikan obat untuk lambung ibu Santa.

Aksi anggota TNI ini mendapat komentar positif dari dari Ibu Santa, yang diobati oleh anggota TNI. Ia merasa senang sekali lantaran TNI rajin ke masyarakat untuk cek kondisi kesehatan warga. “Tadi saya laporkan ke bapak Tentara, lambung saya sudah 2 minggu sakit, dan saya diberi obat, terima kasih atas perhatiannya bapak Tentara. Harapan saya bapak Tentara tetap terus seperti ini dengan ke rumah-rumah warga di sini,” pungkas ibu Santa.

Melalui telepon selulernya, Danpos Damar, Lettu Inf A.Milzam mengatakan bahwa salah satu kegiatan prajurit di wilayah perbatasan, khususnya di wilayah binaan yaitu melaksanakan pelayanan kesehatan secara door to door, yaitu terjun langsung ke rumah masyarakat. Bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran wilayah, bisa langsung ikut bergabung dan dicek kesehatannya, karena di Pos Damar terdapat 2 orang yang memiliki pengetahuan medis yang dapat diandalkan untuk mengecek kesehatan masyarakat.

“Hal seperti ini akan terus kami lakukan selama kami berada disini dengan harapan agar kami dapat berguna bagi masyarakat wilayah perbatasan. Kegiatan pelayanan kesehatan ini, dilakukan oleh anggota TNI secara rutin, setiap seminggu sekali mereka melaksanakannya dengan sistem door to door,” tutup Lettu Inf A.Milzam. (Tim)

Check Also

Toleransi Beragama, Anggota TNI Turut Mengambil Bagian di Kegiatan Agama Wilayah Perbatasan

Belu-InfoNTT.com,- Mayoritas masyarakat perbatasan Indonesia-Timor Leste memeluk agama Katholik, di mana hampir 90 persen  masyarakat perbatasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *