Home / News / Gubernur Viktor Laiskodat Tunjuk Danlantamal VII Sebagai Koordinator HPSN 2019 di NTT

Gubernur Viktor Laiskodat Tunjuk Danlantamal VII Sebagai Koordinator HPSN 2019 di NTT

Kupang-InfoNTT.com,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut ( Lantamal ) VII ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi NTT sebagai Koordinator membantu pelaksanaan kegiatan Aksi Bersih Sampah Serentak dalam Rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) Tahun 2019 Tingkat provinsi NTT.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bertindak sebagai pengambil apel dalam kegiatan Apel gabungan di Pantai Pasir Panjang Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang (samping Hotel Sotis Kupang), Senin (04/3/2019) pagi.

Dalam apel gabungan tersebut Victor Laiskodat menyampaikan bahwa sebagai Gubernur NTT, dirinya sangat bahagia dan bangga, karena itu Ia mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan dari aparat TNI Polri yang telah membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

”Momentum ini kita jadikan sebagai momen untuk memerangi sampah, karena NTT pernah diberi nama Kota dan Provinsi terkotor di Indonesia. Kita bersyukur hari ini bersemangat, dan jangan sampai kelihatan cukup di hari ini saja, tapi diharapkan terus menerus kita perangi sampah dan harus memiliki pemimpin yang peduli akan lingkungan sehingga generasi kita yang akan datang dapat menikmati hidup di lingkungan yang sehat,” ujar Viktor dalam sambutannya.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut ( Danlantamal ) VII Brigadir Jendral TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H, turut hadir mendampingi Gubernur NTT selama kegiatan berlangsung. TNI Angkatan Laut Lantamal VII membagi giat bersih sampah ini di 6 Titik Lokasi yaitu Pantai Fatubesi Oeba, Pantai belakang hotel sotis, pantai di depan Hotel Aston, Pantai Paradiso, Pantai warna – warni Oesapa, dan Pantai Lasiana.

Aksi kelola sampah ini terbagai menjadi 3 pengelolaan, antara lain sampah dipilah (organik dan non organik), sampah ditimbang, dan terakhir sampah diproses (Organik dijadikan pupuk kompos, dan non Organik di buang ke TPA).

Kegiatan ini selain untuk memerangi sampah pantai, juga menjaga kelestarian Laut sehingga ekosistem di Laut tidak tercemar oleh sampah pembuangan. Pada acara tersebut juga di laksanakan penanda tanganan deklarasi NTT bebas sampah menuju NTT bersih, NTT bangkit dan NTT sejahtera.

Peserta giat berjumlah kurang lebih 2500 orang peserta, diantaranya Prajurit Lantamal VII, Pers Polda NTT, Pers Korem 161/Wirasakti, Kejati NTT, Kanwil Kemenkum ham NTT, BPK RI Perwakilan NTT, BBKSDA NTT, Sekretariat DPRD Provinsi NTT, Inspektorat Daerah Provinsi NTT, Dinas P & K, Seluruh Biro Setda Provinsi NTT, Seluruh Dinas Provinsi NTT, RSUD Prof Dr. W. Z Johanes Kupang, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang, BPKH Wilayah XIV, Balai Litbang LHK Kupang, BKKPN Kupang, BPDAS HL Benain Noelmina, Balai Diklat LHK Kupang, Balai PPHPLHK Jabal Nusra Seksi Wilayah III Kwarda Pramuka NTT, Bank NTT, BRI Cabang Kupang, BNI Cabang Kupang Masarakat Kelurahan Kelapa Lima, Kelurahan Oeba, Kelurahan Lasiana, Kelurahan Air Mata, Pegawai Aston Hotel Kupang, para Pegawai M Hotel Kupang dan para Pegawai Hotel On The Rock.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Danrem 161/WS, Direktur Penilainan kinerja dan pegelolaaan sampah limbah dan bahan limbah beracun Berat, Dirjen Kementerian lingkungan hidup (Shinta Septharina), Sekda Provinsi NTT, Kasi Teritorial Korem 161/WS, Kepala BKSDA NTT, Kalapas kelas II A Kupang, Kadiv Imigrasi Kementerian Hukum Dan Ham, Asisten II Setda NTT, Asintel Kajati NTT, dan Kepala BBKSDA NTT Kupang. (Tim)

Check Also

Toleransi Beragama, Anggota TNI Turut Mengambil Bagian di Kegiatan Agama Wilayah Perbatasan

Belu-InfoNTT.com,- Mayoritas masyarakat perbatasan Indonesia-Timor Leste memeluk agama Katholik, di mana hampir 90 persen  masyarakat perbatasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *