Home / Ekonomi / Banjir Menggenangi Area Pemukiman dan Persawahan Warga Bena

Banjir Menggenangi Area Pemukiman dan Persawahan Warga Bena

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Kondisi persawahan warga Bena ketika digenangi banjir

Kupang-infontt.com-, Banjir akibat hujan yang cukup deras kembali menggenangi lahan persawahan, pemukiman dan juga ruas jalan raya trans selatan pulau Timor, Jumat (30/11/2018) tepatnya di Desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Ofis Sine, salah satu warga yang juga merupakan korban banjir kepada media ini di lokasi kejadian mengatakan, kondisi ini merupakan kado akhir tahun yang selalu masyarakat Bena dapatkan ketika memasuki musim hujan.

”Ini kado Natal untuk kami, karena setiap tahun kami pasti alami hal yang sama, kalau sudah musim hujan berarti rumah dan lahan sawah di sini pasti terendam air”, ungkap Ofis.

Dirinya juga mengakui bahwa pihak pemerintah Kabupaten TTS sudah pernah melakukan survey pada lokasi tersebut, dan masyarakat juga  sudah pernah menyuarakan hal ini kepada Pemerintah Kecamatan, namun sampai saat ini belum ada penanganan. Pihak pemerintah sampai saat ini belum ada solusi yang tepat, sedangkan di musyawarah tingkat kecamatan juga sudah disampaikan, akan tetapi tetap saja tidak ada penanganan.

Rumah warga Bena yang digenangi banjir

Hal yang sama juga disampaikan Yeheskial Sine, di mana diakuinya akibat dari banjir ini masyarakat mengalami gagal panen, dan ini terjadi pada puluhan hektar persawahan milik warga. “Kalau banjir begini, maka sawah yang kami sudah tanam dengan padi pasti rusak dan sudah pasti kami gagal panen kali ini, belum lagi rumah yang ada di dekat sawah”, ujar Yaheskial

Dirinyapun berharap agar kedepan persoalan banjir yang selalu berulang tahun ini dapat diatasi oleh pemerintah, dan semoga kejadian ini secepatnya ada penanganan serius dari pemerintah sehingga kedepannya tidak ada lagi kerugian ketika musim hujan yang akan datang.

Sementara itu, pengamatan media bahwa para pengendara yang melintasi jalur selatan khususnya Bena pun harus berhati-hati karena akibat hujan deras ini air meluap ke jalan raya setinggi pinggang orang dewasa, dan juga terdapat beberapa pusaran air yang terletak pada resapan saluran air yang harus diwaspadai.

Laporan: Rocky Tlonaen & Yongki Bell

Editor: Redaksi

Check Also

Kadis PU Kabupaten TTS dan Anggota DPRD NTT Masuk dalam Daftar Tersangka Kasus Embung Bernilai Ratusan Juta Rupiah

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); SoE-InfoNTT.com,- Kejaksaan negeri (Kejari) Timor Tengah Selatan (TTS) telah menetapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *