Home / News / Pemilihan Kepala Desa Nekmese, Mengantisipasi Pembangunan Diam di Tempat

Pemilihan Kepala Desa Nekmese, Mengantisipasi Pembangunan Diam di Tempat

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Chris Bani

Kupang-InfoNTT.com,- Kabupaten Kupang sebentar lagi bakal menggelar pesta demokrasi berupa pemilihan kepala desa (pilkades) Nekmese, Kecamatan Amarasi Selatan. Selain dari pada itu saya sebagai salah satu dari sekian banyak pemuda dari Desa Nekmese mengharapkan untuk tidak membawa-bawa tokoh politik dalam perhelatan tersebut, karena pilkades bukanlah pemilihan legislatif, bukan pula pemilihan kepala daerah maupun pemilihan presiden, yang melibatkan unsur partai politik sebagai pengusung.

Pilkades adalah murni pemilihan figur calon untuk memimpin desa yang melibatkan seluruh elemen masyarakat desa, karena kepala desa merupakan pemimpin tertinggi dari pemerintah desa. Kepala desa meskipun bukan pejabat Negara, tetaplah memiliki peran strategis dan menjadi primadona. Bagaimanapun juga kedudukan sebagai kepala desa sejauh ini masih menarik minat masyarakat, dan pastinya masing-masing dengan cara serta tujuannya sendiri.

Makanya tidak jarang calon kepala desa rela melakukan berbagai upaya untuk memenangkan pertempuran di kotak pemilihan. Namun masih sering pula terjadi kecurangan yang tidak menunjukkan sebagai pemimpin rakyat yang notabenennya berada dalam Negara yang menganut sistem demokrasi contohnya serangan fajar atau money politik.

Harapan saya sebagai pemuda desa yang saat kebetulan lagi merantau mengadu nasib di kota berharap agar seluruh masyarakat tidak mudah terpropokasi oleh pihak-pihak yang sedang ingin menjadikan pemilihan desa sebagai lahan untuk pertarungan yang nantinya akan mengakibatkan permusuhan antar warga desa, karena persoalan beda pilihan itu adalah hak bagi semua warga desa, tidak boleh ada interpensi dari pihak manapun itu.

Masyarakat Desa Nekmese harus benar-benar cerdas dalam memilih pemimpinnya untuk lima tahun yang akan datang. Pemimpin yang akan memimpin nanti harus mampu merawat serta mengembangkan program pembangunan masyarakat yang sudah diamanatkan kepadanya.

Masyarakat harus ingat bahwa satu suara sangat berarti dalam menentukan arah perjalanan dalam pembangunan di Desa Nekmese. Jangan sampai salah pilih, karena yang akan terjadi adalah kepala desa tinggal di tempat dan pembangunan pun diam di tempat. Salam

Oleh: Chris M. Bani (Pimpinan Umum Media INFO NTT)

Check Also

Kadis PU Kabupaten TTS dan Anggota DPRD NTT Masuk dalam Daftar Tersangka Kasus Embung Bernilai Ratusan Juta Rupiah

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); SoE-InfoNTT.com,- Kejaksaan negeri (Kejari) Timor Tengah Selatan (TTS) telah menetapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *