Home / BUDAYA / Bulan Bahasa ini Nilai-nilai Budaya Bangsa perlu Dilestarikan

Bulan Bahasa ini Nilai-nilai Budaya Bangsa perlu Dilestarikan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Saleha Wongso

Kupang-InfoNTT.com,- Kepala UPT pendidikan wilayah satu Propinsi Nusa Tenggara Timur (Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Kabupaten TTS) Saleha Wongso menghadiri kegiatan Bulan Bahasa, Selasa (30/10/2018) di SMA Negeri 3 Kupang Timur.

Ditemui media ini usai kegiatan, Saleha Wongso mengatakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah perlu dari UPT mengetahui, apapapun itu kegiatannya, seperti kurikulum maupun extra kurikuler. Salah satu hal yang sudah dilaksanakan oleh SMA N 3 Kupang Timur ini menjadi yang pertama di Kabupaten Kupang dan mestinya ini menjadi project bagi sekolah-sekolah yang ada di UPT wilayah satu mengekploitasi bakat anak-anak didik.

Lanjut Wongso, kegiatan seperti ini sangat membantu dan mendukung kreatifitas yang dimiliki anak-anak, agar jangan tengelam dalam keseharian mereka tanpa mengeksploitasikan kelebihan diri yang mereka miliki. Sebagai orang tua maupun pemerintah harus memberikan dorongan kepada para siswa, dan yang diharapkan kedepannya kegiatan seperti ini pihak penyelenggara juga harus mengundang orang tua siswa agar menyaksikan langsung kebolehan anak-anak, ini bisa menjadi catatan ketika anak-anak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan orang tua tidak salah dalam menempatkan anak-anak.

“Nilai-nilai budaya bangsa yang dimiliki harus diasah, jangan biarkan begitu saja tanpa diasah bisa saja punah. Jika tidak dijaga atau mendukung anak-anak yang punya ketrampilan khusus ini? bagaimana bisa mempersiapkan diri mereka ke era digital dan anak yang punya bakat khusus harus di dorong bergabung dengan sangar seni yang sudah ada khususnya di Taman Budaya,”ujarnya.

Saleha mengakui bahwa UPT sejauh ini belum bisa maksimal dalam kegiatan atau pendamping khusus untuk meningkatkan anak-anak yang memiliki talenta. UPT sendiri baru berjalan 2 tahun dan belum memiliki pos anggaran.

Lanjutnya, UPT mengharapkan agar Gubernur NTT, Viktor Laiskodat bisa dapat memperhatikan UPT secara khusus, agar kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan pendidikan non formal bisa dapat berjalan dengan baik. UPT juga ada kegiatan tahunan seperti lomba festival seni siswa Tingkat SMA dan kegiatan ini, UPT akan kembalikan ke pihak penyelenggaran atau sekolah melaksanakan kegiatan.

“Saat ini kami masih menunggu hasil, siapa yang terpilih akan mengikuti kegiatan di kabupaten maupun di propinsi,”ujar Saleha.

Laporan: Ayub A. Malafu

Editor: Redaksi

Check Also

Ibadah Syukur dan Ragam Perlombaan Hiasi HUT ke-7 PPA IO-0490 Anugerah Bethania Batuputih

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Batuputih-InfoNTT.com,- CINTAILAH AKU UNTUK SELAMANYA, MILIKILAH AKU SELAMANYA. Inilah  tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *