Home / News / Inilah Solusi Penanggulangan Persoalan Air Bersih di Kabupaten Kupang

Inilah Solusi Penanggulangan Persoalan Air Bersih di Kabupaten Kupang

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kupang-infontt.com,- Produktifitas dan kesempurnan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dan Program Tanam Air serta penggunaan pengelolaan Dana Desa adalah strategi untuk pananggulangan masalah kekeringan dan kurangnya ketersediaan air bersih pada beberapa Desa. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Kupang Yosef Lede, Kamis (11/10/2018) kepada awak media.

 

Yosef menyampaikan Pemerintah Kabupaten Kupang harus segera menyikapi persoalan kurangnya ketersediaan air bersih dan kekeringan yang melanda masyarakat di beberapa desa.

 

Lanjutnya, solusi tepat menanggulangi persoalan tersebut yakni dengan mendekatkan Program Pamsimas dan Program Tanam Air. “Solusi yang tepat sekarang yakni bagaimana mendekatkan pamsimas untuk memanfaatkan sumber air yang ada dan juga program tanam air dengan membangun embung yang dapat menjawab ketersediaan air bagi masyarakat,” jelas Yosef.

 

Politisi Gerindra ini juga menghimbau agar Pemerintah Desa dapat menggunakan dana desa untuk menyikapi persoalan tersebut, di mana bisa dialokasikan pada pengadaan pipanisasi dari sumber mata air terdekat, sehingga anggaran tersebut dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

 

“Dana desa yang dikelola Pemerintah Desa sudah seharusnya digunakan secara baik dengan pengadaan pipanisasi dari sumber mata air ke pemukiman warga, jangan hanya membangun infrastruktur jalan sementara kekeringan air terus melanda masyarakat”, tegas Yosef.

 

Laporan: Ayub & Rocky

Editor: Redaksi. 

Check Also

Masyarakat Harapkan agar Persoalan Pilkades Ponain Diselesaikan dengan Cermat dan Demokratis

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Oelamasi-InfoNTT.com,- Masyarakat Desa Ponain yang mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Kupang, Senin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *