Home / News / Goresan Luka Kecil Dibalik Cantiknya Pantai Lasiana

Goresan Luka Kecil Dibalik Cantiknya Pantai Lasiana

Penampakan sampah di salah satu sudut pantai Lasiana

Kupang-infontt.com,- Tempat wisata yang terkenal dan bahkan paling sering dikunjungi di Kota Kupang adalah pantai Lasiana. Di mana sejak tahun 1970-an pantai ini telah dibuka sebagai objek wisata untuk umum.

Pantai dengan luas berkisar 3 sampai 4 hektar itu, hingga sekarang masih menjadi favorit para wisatawan dan warga sekitar. Tak heran jika pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung apalagi di musim libur.

Menjadi tempat yang paling sering dikunjungi, bukan berarti Pantai Lasiana adalah tempat yang bersih dan nyaman. Untuk diketahui bersama bahwa di sebelah barat Pantai Lasiana terdapat sebuah pasar yang menjual bahan pokok dapur, lebih terkhususnya nelayan dan masyarakat sekitar pantai yang menjual ikan di tempat wisata ini.

Pasar yang tepat berdampingan dengan Pantai Lasiana ini adalah salah satu faktor pemicu sampah yang berserakan di mana-mana, terlebih lagi limbah dari sisa-sisa ikan yang dibuang dan dibiarkan begitu saja, membuat aroma tak sedap untuk dihirup bagi para pengunjung.

Masalah ini pun kelihatannya sudah diperhatikan oleh pemerintah dengan pengadaan tempat sampah dalam jumlah lumayan banyak yang terlihat hampir di semua sudut pantai.

Perhatian yang sama juga dilakukan oleh pemerintah terhadap fasilitas pasar, seperti memperluas area pasar, membersihkan limbah-limbah dan kotoran sekitar pasar.

Tapi kayaknya semua sumbangsi atau perhatian pemerintah rasanya belum cukup. Karena belum dipandang sebagai hal positif dari masyarakat sekitar dan pengunjung.

Masyarakat di sekitar dan pengunjung yang mampir di pantai Lasiana hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan kesegaran alam itu sendiri.

Seharusnya kesadaran kita untuk memperhatikan sampah dierah sekitar pantai yang berserakan, karena tanpa kita sadari kita sendiri telah membuat pantai Lasiana kurang sehat dan tidak elok dipandang serta dinikmati.

Kita bisa lihat saja, tempat yang cantik itu bukan menjadi pantai warna yang indah untuk dipandang tapi menjadi objek wisata yang penuh dengan sampah.

Perlu ditekankan bahwa kebersihan datang dari diri kita sendiri, di mana tempat kita berpijak maka di situlah harta sepanjang masa yang akan kita pakai untuk kelangsungan hidup generasi yang akan datang.

Penulis: Donyuan Bani

Check Also

Hilang Kendali, Mobil Avanza Tabrak 2 Siswa SD dan Rumah Warga

Oelamasi-infoNTT.com,- Sebuah mobil Toyota Avanza Silver mengalami oleng menghantam pembatas jalan di Jalan Timor Raya tepatnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *