Home / News / Moeldoko Tak Ragukan Kecintaan Anak Muda Terhadap Pancasila

Moeldoko Tak Ragukan Kecintaan Anak Muda Terhadap Pancasila

Balikpapan-infontt.com,- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan tidak meragukan kecintaan anak-anak muda terhadap ideologi bangsa, Pancasila. Yang menjadi tantangan adalah seringkali Pancasila itu ditangkap secara berbeda dalam pikiran anak-anak muda. Hal tersebut dikatakan Moeldoko di hadapan lebih kurang 500 mahasiswa Universitas Balikpapan (Uniba) di auditorium kampus tersebut, 29 September 2018.

“Secara filosofis, Pancasila memuat nilai-nilai luhur dalam diri bangsa Indonesia. Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, keadilan sosial, nilai-nilai dalam Pancasila tersebut, tidak perlu lagi kita diskusikan, betapa idealnya konsepsi tersebut. Namun dalam aspek instrumentalia dan aspek pragmatis di kehidupan sehari-hari, seringkali penyimpangan-penyimpangan terhadap nilai-nilai itu terjadi,” tambahnya.

Pancasila sebagai aspek instrumentalia berarti bahwa Pancasila merupakan rujukan dan acuan dari segala hukum dan peraturan. “Ia menjadi sumber dari segala sumber hukum positif di Indonesia,” papar Moeldoko.

Baca selanjutnya…

Check Also

TNI di Perbatasan Bersama dengan Warga Bergotong royong Bersihkan Pantai Motaain

Belu-InfoNTT.com,- Gelombang tinggi yang akhir-akhir ini melanda sebagaian kawasan pantai di Indonesia membawa dampak buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *