Home / Ekonomi / Inilah Kisah di balik Tol Desari

Inilah Kisah di balik Tol Desari

Depok-infontt.com,- Kemarin baru aja diresmiin Tol Desari. Jadi inget yang saya alami waktu pembebasan tanah. Rumah saya di Andara, Pangkalan Jatibaru, Cinere, Depok. Dari taun 90an udah beredar kabar kalo daerah situ bakal kena gusur karena bakal ada pembangunan tol dan sejak 2004an udah simpang siur kabarnya macem-macem.

Bertahun-tahun warga Andara jadi linglung. Mau bagusin rumah jadi ragu, mau dijual juga harganya turun karena udah ada desas-desus bakal kena gusur.

Akhirnya, taun 2013 tetangga saya kena giliran pembebasan lahan. Liatnya aja bikin mules. Harga ganti ruginya rendah, urusnya ribet. Dia bolak-balik ampe hampir 12 kali ke kantor Panitia Pengadaan Tanah (P2T) buat nego dan nyelesain itu semua. Uang ganti ruginya lama cairnya. Intinya ngurusinnya bikin trauma. Ga heran banyak konflik tiap pemerintah mau bangun jalan.

Abis itu tiba lah giliran keluarga saya. Sebagian tanah dari rumah saya harus dibebasin. Setelah udah nego bolak balik dibantuin ama tetangga saya, akhirnya ada kata sepakat. Eh tapi Jokowi keburu naik jadi Presiden sehingga proses dihentikan sementara.

Makin deg-degan deh nih mikirnya proses nantinya bakal makin njelimet, nyita waktu dan pikiran.

Ternyata, ga sama sekali.

Saya hanya tiga kali ke P2T, itu pun tiap pertemuan ada progresnya. Harga tanahnya masuk akal, kerugian emosional juga dimasukin dalam hitungan, kayaknya mereka ngitung juga keribetan yang keluarga saya mesti alamin waktu pembangunan dan juga nilai emosional rumahnya buat kami.

Baca selanjutnya…

Check Also

Hilang Kendali, Mobil Avanza Tabrak 2 Siswa SD dan Rumah Warga

Oelamasi-infoNTT.com,- Sebuah mobil Toyota Avanza Silver mengalami oleng menghantam pembatas jalan di Jalan Timor Raya tepatnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *