Home / Gaya Hidup / ‘SIKO’ Tayang Perdana di Kupang

‘SIKO’ Tayang Perdana di Kupang

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kupang, infontt.com – Komunitas Film Kupang, akhirnya merilis sebuah Film Fiksi Pendek berjudul Siko, setelah sukses dengan Dokumenter Nokas yang diputar di berbagai Festival di dalam maupun juga di luar Negeri.

Film Siko berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga pasca referendum 1999 di Timor Leste. Film ini menggunakan aktor dari kamp-kamp pengungsi asal Timor Leste, yang hingga saat ini masih tinggal di Indonesia. Siko dekat secara personal dengan pengalaman Abe, selaku Sutradara, saat kecil ketika ia tinggal dan mengalami masa konflik di Timor-Timur. Proses film ini sendiri dimaksudkan untuk menjadi salah satu metode healing dengan menjadikan karakter tokoh Siko dan keluarga sebagai medium refleksi terhadap konflik tahun 1999 tersebut.

Official Poster SIKO

Berlokasi di Boneana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, salah satu tempat yang juga menjadi kamp pengungsian masyarakat asal Timor-Timur sembilan belas tahun silam, proses produksi Siko berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. Sejak Maret 2018, Tim Produksi telah melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari workshop bersama talent, pengambilan gambar, editing, hingga akhirnya siap ditonton bersama masyarakat Kota Kupang pada minggu keempat bulan Juni ini. Produksi Siko melibatkan sejumlah anggota tim yang adalah juga para pegiat aktif Komunitas Film Kupang, dengan mengajak beberapa praktisi Film Nasional, di antaranya, BW Purbanegara dan Bagus Suitrawan selaku Supervisi, Tommy Fahrizal di Soundman dan Andi Budrah sebagai salah satu Produser.

Naskah Siko ditulis dan disutradarai sendiri oleh Manuel Alberto Maia. Film ini juga merupakan peraih Hibah Cipta Perdamaian 2018 oleh Yayasan Kelola yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Denmark di Indonesia, serta mendapat dukungan produksi dari Pusat Pengembangan dan Perfilman Kementrian Kebudayaan Republik Indonesia.

Pemutaran Perdana Film Siko akan berlangsung pada tanggal 22 dan 23 Juni 2018 mendatang di Aula Museum Daerah NTT, Jl. Frans Seda No.2, Oebobo, Kupang. Acara yang mengusung tema “Kupang Movie Night 2018” ini, juga mengajak sejumlah Komunitas di Kota Kupang dalam bentuk Pameran Komunitas, Pameran Foto, Fragmen, Stand Up Comedy dan Live Mural. Hanya dengan Rp. 10.000, masyarakat Kota Kupang sudah bisa menikmati rangkaian acara kreatif yang digagas orang muda Kota Kupang ini.

Tim Publikasi #SIKO | Komunitas Film Kupang

Check Also

Permaskku Melakukan Aksi Nyata Menanam 1000 Anakan Pohon di Desa Nekmese

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Amarasi-InfoNTT.com,- Aksi nyata Persatuan Mahasiswa Kabupaten Kupang (Permaskku) dan Persatuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *