Home / Ekonomi / Hijaunya Taman Eden Desa Oefeto

Hijaunya Taman Eden Desa Oefeto

Kupang-infontt.com,- Desa Oefeto merupakan salah satu desa di Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang yang cukup produktif saat ini. Ini dikarenakan konsep transparansi yang dilakukan oleh Kepala Desa sendiri agar pembangunan bisa berjalan sesuai harapan masyarakat serta pemerintah.

Untuk program Taman Eden sendiri, Info NTT bertemu dan berdiskusi langsung bersama Alex A.A. Loemnanu, Kepala Desa Oefeto terkait tanggapan dari masyarakat sendiri mengenai ekonomi di desa saat.

Menurutnya, tidak semua masyarakat menerima program ini sebagai suatu hal yang bermanfaat, tetapi 75 persen menerima program ini secara baik.
Sebagai bukti, Taman Eden Desa Oefeto ini ada tanaman pisang, jagung, pepaya yang tumbuh secara produktif dan sehat.

src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

“Hasil dari Taman Eden juga bisa dijadikan contoh dan panutan sehingga masyarakat di desa ini bisa mengembangkannya ke taraf yang lebih baik lagi. Pengolahan awal, kita bajak dengan traktor, selanjutnya untuk pengelola ada 5 orang yang bekerja secara rutin untuk merawat Taman Eden ini,”ujar Alex.

Lanjutnya, luas lahan yang digunakan saat ini yakni satu hektar dan lokasinya di Dusun satu (Tokoma). Sedangkan untuk hasil, Taman Eden ini sudah tiga kali memanen hasil.

“Harapan dari kami pihak pemerintah desa, semoga Taman Eden ini menjadi contoh bagi masyarakat di Oefeto terkhususnya di dusun lain. Kalau bisa pihak pemerintah Kabupaten Kupang dapat memberikan perhatian, ataupun support khusus bagi masyarakat disini agar dapat membangkitkan semangat mereka agar kedepannya jauh lebih berkembang,”pintanya.

Untuk peralatan penunjang pelaksanaan program ini juga masih ada kekurangan salah satunya motor air. Sebenarnya, jika dilihat dari kemampuan Dana Desa seharusnya bisa pengadaan item ini, namun ada banyak usulan juga yang harus di realisasikan.

“Hal ini yang menjadi kendala kami saat ini, kiranya pemerintah Kabupaten Kupang bisa membantu kami,”jelas Alex.

Pogram Taman Eden ini, lanjutnya sangat bermanfaat dan terbukti di dusun satu ini sudah bisa ada pembagian hasil untuk pemilik lahan, masyarakat dan bagi desa sendiri. Artinya bahwa program ini bagi Desa Oefeto sendiri sangat berarti dan bermanfaat bagi kehidupan ekonomi masyarakat. (Sandi Lette)

Check Also

Ayub Titu Eki Hadiri Peresmian Aula Desa Pakubaun

Amarasi-infontt.com,- Bupati Kupang Ayub TItu Eki menghadiri peresmian aula Desa Pakubaun, Rabu (15/8/2018) pagi. Titu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *